Gegara Bug, Instagram Diam-diam Akses Kamera di iOS 14

Gegara Bug, Instagram Diam-diam Akses Kamera di iOS 14

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 27 Jul 2020 13:35 WIB
Istanbul, Turkey - December 15, 2018: Person holding a brand new Apple iPhone X with Instagram profile on the screen. Instagram is an online mobile social networking service, launched in October 2010.
Gegara Bug, Instagram Diam-diam Akses Kamera di iOS 14 Foto: iStock
Jakarta -

Instagram ketahuan diam-diam mengakses kamera di iPhone yang menjalankan iOS 14. Rupanya hal ini disebabkan oleh bug dari Instagram.

Beberapa pengguna melaporkan melihat indikator berwarna hijau di iPhone mereka yang menandakan kamera sedang aktif. Tapi indikator ini muncul saat pengguna hanya melihat-lihat feed Instagram, bukan mengambil foto atau video.

Ini tentu merupakan perilaku yang tidak lazim, karena seharusnya Instagram hanya bisa mengakses kamera di ponsel saat digunakan untuk mengambil foto atau video.

Dalam keterangannya kepada The Verge, juru bicara Instagram mengatakan perilaku ini disebabkan oleh bug dan sedang diperbaiki. Fitur Create Mode bisa diakses lewat kamera Instagram dan mungkin memicu indikator kamera untuk menyala, dan membuka kamera dari Feed Instagram juga mungkin bisa memicunya.

"Kami hanya mengakses kamera kalian ketika diperintahkan -- contohnya, ketika kalian swipe dari Feed ke Camera. Kami menemukan dan sedang memperbaiki bug di iOS 14 Beta yang secara keliru menunjukkan beberapa orang menggunakan kamera ketika mereka tidak menggunakannya," kata juru bicara Instagram, seperti dikutip detikINET dari The Verge, Senin (27/7/2020).

"Kami tidak mengakses kamera kalian dalam insiden tersebut, dan tidak ada konten yang direkam," sambungnya.

Perilaku ini ditangkap oleh notifikasi iOS 14 yang semakin agresif. Fitur baru di sistem operasi ini akan memberi peringatan kepada pengguna tentang perilaku aplikasi, misalnya menyalin isi clipboard.

Baru-baru ini, beberapa aplikasi iOS termasuk TikTok, LinkedIn dan Reddit ketahuan mengakses isi clipboard pengguna, karena ketika ada aplikasi pihak ketiga mengakses clipboard di perangkat iOS 14, akan muncul notifikasi.

TikTok dan LinkedIn kemudian mengumumkan akan berhenti mengakses clipboard pengguna. Sementara Reddit mengatakan mereka akan memperbaiki code yang menyebabkan perilaku tersebut di aplikasinya.

Facebook yang merupakan perusahaan induk Instagram tahun lalu harus memperbaiki bug di aplikasi iOS setelah ketahuan mengaktifkan kamera pengguna di background tanpa sepengetahuan pengguna.



Simak Video "Yang Terbaru dari iOS 14"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)