Website Kemenperin Jadi Tidak Aman?

Website Kemenperin Jadi Tidak Aman?

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Minggu, 26 Jul 2020 17:23 WIB
Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kemenperin Janu Suryanto
Website Kemenperin Jadi Tidak Aman? (Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto)
Jakarta -

Website Kementerian Perindustrian dinilai jadi kurang aman karena tampil tanpa https:// yang ada pada umumnya. Sertifikasi SSL-nya habis.

Kalau Anda membuka website Kemenperin saat ini, alamat yang terbuka adalah www.kemenperin.go.id, bukan https://kemenperin.go.id. Keluar tanda gembok disilang yang artinya 'Connection Is Not Secure'.

Saat detikINET mengeceknya, Minggu (26/7/2020) dengan SSL Checker, keluar informasi kalau sertifikasi keamanan yang dikeluarkan DigiCert sudah habis sejak 5 hari lalu.

Website Kemenperin Tidak AmanWebsite Kemenperin Tidak Aman Foto: (screenshot)

detikINET pun mengonfirmasinya dengan pihak Kemenperin. Menurut mereka, keamanan website adalah prioritas dan Kemenperin akan segera memperbaikinya.

"Mohon maaf sebelumnya kami akan segera perbaiki. Keamanan kami nomor satukan. Saya sudah beri tahu staf urusan sistem," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Kemenperin, Janu Suryanto.

Hal senada disampaikan Kepala Biro Human Kemenperin Andi Rizaldi. Dia mengutip laporan dari tim Pusdatin bahwa website Kemenperin sedang dalam proses upgrade.

"Situs web Kemenperin memang sedang dalam proses upgrade, tapi masih bisa diakses. Kemarin sudah coba upgrade, tapi ternyata harus upgrade server secara keseluruhan. Rencananya akan di-upgrade mulai Senin besok," ujarnya.

SSL adalah Secure Socket Layer, tujuan utama pemasangan SSL adalah sebagai pengaman pertukaran data yang terjadi melalui jaringan. Apabila sistem keamanan ini ditambahkan pada website, maka URL-nya akan berubah menjadi https://.

Apa risikonya jika sebuah website tidak memiliki SSL? Website tersebut akan memiliki risiko keamanan siber misalnya pencurian data, selain juga menurutkan reputasinya sebagai website terpercaya.



Simak Video "Suara Desahan Muncul di Diskusi Virtual Ancaman Siber"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/ask)