Nomor Telepon Pengguna WhatsApp Terungkap di Mesin Pencarian Google

Nomor Telepon Pengguna WhatsApp Terungkap di Mesin Pencarian Google

Josina - detikInet
Rabu, 10 Jun 2020 22:09 WIB
SAN FRANCISCO, CA - FEBRUARY 19: Facebook and WhatsApp logos are displayed on portable electronic devices on February 19, 2014 in San Francisco City. Facebook Inc. announced that it will purchase smartphone-messaging app company WhatsApp Inc. for $19 billion in cash and stock. (Photo Illustration by Justin Sullivan/Getty Images)
Nomor Telepon Pengguna WhatsApp Terungkap di Mesin Pencarian Google. (Foto: Justin Sullivan/Getty Images)
Jakarta -

WhatsApp diterpa soal privasi pengguna di mana mereka sepertinya tak sengaja mengungkapkan nomor telepon penggunanya dalam daftar pencarian di Google.

Isu ini sebenarnya sudah ditemukan oleh WABetainfo pada awal tahun ini dan sekarang baru terungkap kembali setelah seorang peneliti keamanan Athul Jayaram meengungkapkan bahwa nomor telepon pengguna WhatsApp yang menggunakan fitur Click to chat munucl dalam pencarian Google.

Menurut Jayaram, masalah ini muncul karena WhatsApp tidak meminta Google untuk mengabaikan pengindeksan tautan tertentu yang berisikan nomor telepon.

Ia mengklaim bahwa Google menyediakan alat untuk administrator web yang memungkinkan mereka untuk membiarkan sistem mesin pencari seperti Google tahu bahwa mereka harus mengabaikan pengindeksan tautan tersebut dan sebagai hasilnya nomor telepon pengguna WahtsApp yang terdaftar pun muncul.

Untungnya, WhatsApp segera telah memperbaiki masalah ini, meskipun tampaknya Jayaram tidak akan mendapatkan hadiah untuk penemuannya tersebut.

"Meskipun kami menghargai laporan peneliti ini dan menghargai waktu yang ia ambil untuk membagikannya kepada kami, itu tidak memenuhi syarat untuk hadiah karena hanya berisi indeks mesin pencari dari URL yang dipilih pengguna WhatsApp untuk dipublikasikan" ujar juru bicara WatsApp yang dilansir detiKINET dari Ubergizmo

"Semua pengguna WhatsApp, termasuk bisnis, dapat memblokir pesan yang tidak diinginkan dengan menekan sebuah tombol." lanjutnya.



Simak Video "Begini Cara Dapatkan Stiker Animasi di WhatsApp!"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)