Ini Pentingnya Menggunakan Password Manager untuk Amankan Akun

Ini Pentingnya Menggunakan Password Manager untuk Amankan Akun

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 13 Mei 2020 08:43 WIB
Hacker Rusia Berhasil Membobol Jaringan Komunikasi Pemerintah Jerman
Foto: DW (News)
Jakarta -

Banyaknya ecommerce dan marketplace Indonesia yang dibobol hacker dan data pengguna yang tersebar di dark web membuat penggunaan password manager semakin penting.

Pasalnya dengan password manager, pengguna bisa memakai password yang sangat sulit dibobol (dan diingat oleh si pemilik) yang berbeda untuk setiap situs dan layanan yang digunakan.

Jadi pengguna tak usah menggunakan password yang mudah ditebak seperti tanggal lahir dan sejenisnya untuk password yang mereka pakai. Karena meski sudah menggunakan kombinasi angka dan huruf.

Jika data pengguna sudah terlanjur bocor, maka password seperti itu pun mudah ditebak. Masalahnya nama pengguna dan tanggal lahir adalah informasi yang biasanya ada pada data pengguna yang bocor dalam peretasan, seperti yang terjadi pada Tokopedia beberapa waktu lalu.

Tugas menghapal password itu bisa diserahkan ke password manager, dan pengguna cukup menghapal password yang mereka pakai untuk login ke dalam password manager tersebut. Jadi pengguna bisa menggunakan password yang sangat unik dan sulit dijebol dengan brute force di password manager tersebut.

Salah satu tips untuk membuat password untuk password manager yang mudah dan aman misalnya dengan menggunakan lirik lagu favorit. Jadi pengguna bisa menggunakan sebait penuh lirik lagu favorit sebagai passwordnya, lengkap dengan tanda bacanya.

Pada Jumat (15/5/2020) mendatang, Vaksincon juga akan mengadakan sebuah seminar gratis mengenai penggunaan password manager. Jadi detikers yang masih bingung soal penggunaan password manager mungkin bisa sedikit tercerahkan dengan mengikuti seminar tersebut.



Simak Video "Polisi Ringkus Hacker Peretas Ribuan Situs di Dalam dan Luar Negeri!"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)