Terpopuler Sepekan: Pembobolan HP Ilham Bintang dan Jeff Bezos - Halaman 3

Terpopuler Sepekan: Pembobolan HP Ilham Bintang dan Jeff Bezos

Tim - detikInet
Sabtu, 25 Jan 2020 17:00 WIB
Pembobolan HP Ilham Bintang dan Jeff Bezos (Foto: GettyImages)

Kasus pembobolan lain yang ramai diberitakan selanjutnya adalah yang menimpa orang terkaya di dunia Jeff Bezos. Bos Amazon ini sebenarnya mengalami kejadian pembobolan HP sudah lama, Mei 2018.

Tidak tanggung-tanggung, terduga pelakunya adalah putera mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed Bin Salman. Pembobolan diduga dengan WhatsApp.

Bezos menerima pesan WhatsApp terenkripsi dari nomor yang digunakan sang Putra Mahkota.Pesan tersebut berisikan file video yang disimpulkan analis forensik mengandung malware yang mentransfer data dalam jumlah besar dari ponsel Bezos.

Lima bulan setelah Bezos menerima pesan itu, kolumnis Washington Post Jamal Khashoggi yang begitu kritis terhadap pemerintah Arab Saudi dibunuh di Istanbul. Lalu eberapa bulan kemudian pesan teks dan gambar yang dikirimkan Bezos ke selingkuhannya, mantan pembawa acara televisi Lauren Sanchez diterbitkan National Enquirer.


Kasus ini membuat Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) turun tangan dan meminta agar otoritas terkait segera melakukan investigasi terkait kejadian yang dialami oleh Bezos. Namun pihak Arab Saudi telah membantah tudingan peretasan tersebut.

"Laporan terkini media bahwa Kerajaan berada di balik hacking ponsel Mr Jeff Bezos adalah absurd," sebut Kedutaan Besar Arab Saudi untuk Amerika Serikat di Twitter.

Gedung Putih pun pasang badan untuk Arab Saudi. "Arab Saudi jelas merupakan sekutu penting," ungkap Wakil Sekretaris Utama Gedung Putih Hogan Gidley dilansir dari Business Insider, Jumat (24/1).

Masih belum jelas dimana ujung cerita ini. Namun yang jelas, WhatsApp kena sorotan karena keamanannya yang lemah. Dugaan mengarah pada Pegasus. Spyware buatan perusahaan asal Israel, NSO Group ini memang sangat canggih dan tahun silam bikin kehebohan lantaran ketahuan menyusup pada telepon genggam orang-orang penting melalui WhatsApp.



Simak Video "Begini Aksi Para Tersangka Saat Membobol Rekening Ilham Bintang"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)