Terpopuler Sepekan: Pembobolan HP Ilham Bintang dan Jeff Bezos - Halaman 2

Terpopuler Sepekan: Pembobolan HP Ilham Bintang dan Jeff Bezos

Tim - detikInet
Sabtu, 25 Jan 2020 17:00 WIB
Pembobolan HP Ilham Bintang dan Jeff Bezos (Foto: GettyImages)

Pengamat keamanan siber pun ramai-ramai memberikan pendapatnya. Pengamat keamanan siber Mochammad James Falahuddin yakin ini adalah kejahatan terorganisis. Alfons Tanujaya dari Vaksincom mengatakan modus pelaku adalah mengaku sebagai Ilham Bintang untuk menguasai SIM Card.

"Kalau berhasil mendapatkan SIM card itu bisa mendapatkan TFA (Two Factor Authentication) dan OTP (One Time Password) nomor yang bersangkutan. Sama saja bisa menguasai akun korbannya," kata Alfons.

Sementara itu, ahli forensik digital Ruby Alamsyah, mengatakan ini adalah modus SIM Swap Fraud. Agar bisa menjalankan aksi tersebut, pelaku akan terlebih dahulu berupaya mendapatkan data perbankan korban. Dalam kasus Ilham Bintang, pelaku melakukan pendekatan ke korban dengan teknik phising, vhising (voice phising), dan smishing (SMS phising). Ketiganya sama-sama bertujuan mengelabui korban untuk mendapatkan data-data pribadi.


Beda dengan Alfons, Ruby berpendapat, porsi kesalahan lebih berat di pihak bank. Mestinya bank harus bisa menjadi benteng terakhir, karena core bisnis utamanya memang soal keuangan perbankan. SIM Card adalah jalan masuk para pelaku.

"Meskipun bank rely on operator untuk dapat data-data, tapi tetap yang diperkuat di sistem bank-nya, core bisnisnya kan banking. Jadi mestinya jauh lebih aman. Untuk setiap pembobolan, yang harus diamankan sistem di banknya," tutupnya.

Alfons memberi saran sebagai berikut:

1. Pastikan menggunakan nomor HP yang permanen untuk One Time Password (OTP). Tidak disarankan menggunakan nomor prabayar karena rentan didaur ulang atau diambilalih.
2. Jika mendadak kartu tidak berfungsi, harap segera lakukan tindakan menghubungi operator untuk menanyakan sebabnya, dan lakukan tindakan cepat seperti memblokir semua rekening penting, menghubungi bank dan lain-lain.
3. Tidak disarankan menyimpan nomor kartu kredit di aplikasi e-commerce karena jika kredensial berhasil dicuri dan nomor HP berhasil diambil alih, kartu yang terdaftar tinggal dipakai transaksi dan persetujuan dilakukan dari nomor HP yang dibajak tadi.
4. Pastikan perangkat tidak mengandung malware. Install antivirus dan update patch software perangkat secara teratur.

Sedangkan Ruby memberi saran yaitu:

1. Sadar akan keamanan IT
2. Jaga rahasia perbankan
3. Segera lapor ketika SIM ponsel mendadak tidak aktif
4. Pastikan aplikasi mobile banking punya keamanan tinggi



Simak Video "Begini Aksi Para Tersangka Saat Membobol Rekening Ilham Bintang"
[Gambas:Video 20detik]