Ini Bahayanya Nonton Lewat Website Streaming Film Bajakan

Ini Bahayanya Nonton Lewat Website Streaming Film Bajakan

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 23 Des 2019 22:32 WIB
Foto: Screenshoot
Jakarta - Popularitas situs streaming film bajakan seperti IndoXXI menyimpan risiko yang cukup besar dalam hal keamanan siber. Apa saja sih?

Risiko keamanan siber yang muncul dari situs semacam itu antara lain adalah infeksi malware. Dan taktik ini pun bukanlah hal baru, karena pembuat malware sudah menggunakan teknik ini sejak lama di berbagai situs streaming ilegal yang sudah ada.

Situs steaming video ilegal semacam IndoXXI bisa menyebarkan malware dan berbagai 'penyakit' lain melalui pop up iklan yang memaksa pengguna untuk menutupnya dengan mengklik iklan tersebut.

Setelah pengguna mengklik iklan tersebut, ada bermacam 'penyakit' yang bisa menyusup ke perangkat yang dipakai pengguna, dari mulai ransomware, trojan, sampai cryptomining.


"Situs treaming ilegal sangat tidak terlindungi secara efektif. Kurangnya waktu, sumber daya, dan kesadaran akan masalah keamanan siber membuat situs semacam ini menjadi tempat bermain untuk berbagai aktivitas malicious," ujar Adrien Brochot, Product Leader Endpoint Security di Stormshield, seperti dikutip detikINET dari situs resmi mereka.

Bahkan, asosiasi pakar keamanan internet profesional, menyebutkan 97% dari platform semacam ini terancam terinfeksi malware. Hal senada juga dikatakan oleh Federation Against Copyright Theft (FACT), yang menyebut pengguna situs streaming ilegal berisiko 28 kali lebih besar terkena malware ketimbang yang tidak menggunakan.

Risiko tersebut akan menjadi jauh lebih besar jika pengguna menonton video streaming ilegal menggunakan PC ataupun jaringan di kantor. Pasalnya malware yang menyusup ke komputer pengguna bisa dengan mudah menginfeksi PC lain di jaringan kantor.



Simak Video "Soal Netflix Diblokir Telkom, Ini Kata Menkominfo Johnny"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)