Senin, 27 Mei 2019 17:20 WIB

Laptop Paling Mengerikan Sedunia Tembus Kisaran Rp 17 Miliar

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Screenshot Foto: Screenshot
Jakarta - Masih ingat dengan lelang laptop Samsung NC10-14GB hasil karya seniman kontemporer Guo O Dong? Harga laptop berisikan enam virus paling mengerikan dalam sejarah itu terus melesat naik.

Berdasarkan live streaming lelang laptop bernama 'The Persistence of Chaos', nilai tawaran terhadap laptop tersebut kini sudah menyentuh kisaran USD 1,2 juta atau setara Rp 17-an miliar, menjelang waktu penutup pada durasi lelang.




Padahal bila menilik pertengahan bulan ini, laptop yang merupakan hasil kolaborasi dengan perusahaan keamanan cyber Deep Instinct ini masih berharga USD 403 ribu.

Seperti diberitakan sebelumnya, seniman Guo O Dong mengaku membuat laptop ini karena ia ingin melihat bagaimana respon dunia dan bagaimana mereka menghargai dampak dari sebuah malware. Adapun enam malware yang mematikan tersebut di antaranya ILOVEYOU, MyDoom, SoBig, WannaCry, dan DarkTequila.

Keenam virus tersebut dalam sejarahnya telah menimbulkan total kerugian di seluruh dunia yang mencapai USD 95 miliar atau 1.367,6 triliun.




"Virus-virus ini mampu mempengaruhi jaringan listrik atau infrastruktur publik yang menyebabkan kerusakan secara langsung," kata Dong dikutip dari Ubergizmo, Senin (27/5/2019).

Bagi peminat, Dong tidak menjualnya berdasarkan nilai. Enggan disalahkan karena menjual laptop yang berbahaya ini, ia pun menuliskan sejumlah syarat yang harus dipenuhi penawar. Syarat tersebut adalah laptop ini dibeli atas alasan seni atau akademik dan pembelinya harus berjanji tak menyebar malware di dalamnya.


(agt/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed