Senin, 25 Jun 2018 16:16 WIB

5 Cara Mudah Jaga Keamanan Gadget

Annisa Shafira - detikInet
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Peretasan dan pencurian menjadi ancaman para pengguna komputer, smartphone, dan gadget lain yang terkoneksi dengan internet. Korbannya tak pandang bulu, mulai dari orang biasa sampai ke tingkat korporat ternama.

Meski demikian, bukan berarti kita tidak pasrah saja. Berikut, beberapa kiat mudah melindungi informasi pribadi dari para peretas, seperti dikutip detikINET dari situs Komando, Senin (25/6/2018).

1. Gunakan kata sandi bervariasi

Memang agak sulit untuk mengingat kata sandi yang berbeda-beda ketika ingin mengakses internet atau komputer. Mungkin Anda sudah memiliki kata sandi yang baik dan sulit untuk ditebak peretas.

Kata sandi yang panjang, terdiri dari angka, simbol, dan huruf kapital memang lebih aman dan susah ditebak. Sayangnya, meski kata sandi sudah sangat kompleks, peretas tetap akan bisa mendapatkannya apabila Anda korban kebocoran data.



Kalau Anda menggunakan kata sandi yang sama untuk bank online, akun media sosial dan situs-situs lainnya, peretas akan menggunakan kata sandi tersebut untuk mengakses informasi pribadi Anda.

Untuk mencegahnya, gunakan kata sandi yang sulit dan idealnya berbeda-beda pada setiap situs yang diakses.

Anda bisa mengunduh aplikasi pengelola kata sandi seperti Lastpass atau Dashlane. Dengan layanan ini, Anda hanya memerlukan satu kata sandi untuk mengaksesnya.

Pengelola kata sandi dapat menyimpan kata sandi-kata sandi Anda untuk situs yang berbeda-beda. Beberapa layanan bahkan memiliki fitur yang dapat membuat kata sandi untuk Anda.

2. Backup file


Tidak usah khawatir, sekarang backup file sudah menjadi semakin mudah. Dulu, Anda harus menggunakan DVD untuk menyimpan file-file dari komputer, berjaga-jaga kalau komputer rusak.

Sekarang banyak cara untuk mem-backup file. Anda dapat menggunakan jasa berbayar yang secara otomatis mem-backup file. Cara ini ideal apabila Anda sering membuat dokumen yang mengandung informasi sensitif atau yang lama dan sulit untuk dibuat.

Anda juga dapat menggunakan hard-drive eksternal atau menggunakan situs berbasis cloud untuk menyimpan file. Anda bahkan dapat mengatur telepon seluler untuk secara otomotis menyimpan setiap foto yang di ambil bisa langsung tersimpan ke cloud.

3. Batasi berbagi informasi

Kita hidup di masa orang-orang seringkali terlalu banyak berbagi informasi pribadi. Nah, sebaiknya batasi informasi yang Anda bagi di internet.



Pikir berulang kali jika akan klik tombol 'izinkan akses' di aplikasi pada ponsel, komputer, maupun layanan internet. Dan, jangan pernah menulis alamat pribadi atau informasi personal lainnya di media sosial.

4. Rutin update software

Seringkali ada anjuran untuk memperbaharui software dari Microsoft, Google, dan layanan lainnya yang Anda gunakan. Baiknya, ikuti anjuran tersebut.

Dengan memperbarui software, perangkat Anda akan memperbaiki kekurangan software di versi sebelumnya. Update software juga bisa menutup celah bagi para peretas mendapatkan akses ke perangkat Anda.

Pastikan Anda hanya menerima update keamanan dari perusahaan yang dapat dipercaya. Anda juga dapat mengecek sistem operasi yang digunakan untuk memastikan bahwa Anda telah memiliki versi terbaru.

5. Pasang anti virus

Komputer Anda tidak sepenuhnya aman tanpa program anti virus. Program anti virus secara otomatis mendeteksi, mencari dan membasmi virus. Anda dapat mengunduh anti virus gratis untuk mengamankan informasi-informasi pribadi Anda.

Cukup simpel kan? Jangan lupa dicoba. (rns/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed