BERITA TERBARU
Jumat, 30 Mar 2018 07:25 WIB

Pabrik Boeing Diserang WannaCry

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi. Foto: internet Ilustrasi. Foto: internet
Jakarta - Masih ingat ransomware WannaCry yang sempat bikin heboh beberapa waktu lalu? Ransomware ini ternyata belum berhenti menyerang, dan korban terbarunya adalah sebuah fasilitas produksi milik Boeing di Charleston, South Carolina, Amerika Serikat.

Chief engineer Boeing Commercial Airplane Mike Vanderwel mengirimkan memo ke seluruh karyawan Boeing untuk meminta bantuan menghadapi serangan cyber ini. Boeing disebut takut malware ini menyebar peralatan yang dipakai dalam pengujian fungsi pesawat, yang membuatnya bisa menyebar ke software pesawat terbang lain.

"Hal ini menyebar secara cepat di North Charleston dan saya baru mendengar 777 (alat otomatisasi perakitan) kemungkinan sudah tak dapat digunakan," tulis Vanderwel dalam memonya itu, demikian dikutip detikINET dari Seattle Times, Jumat (30/3/2018).


WannaCry adalah ransomware yang disebut oleh pemerintahan presiden Trump sebagai aksi terorisme cyber dari Korea Utara. Ransomware ini menyerang melalui celah kritis yang ada di OS Windows.

Penyebarannya sendiri dimulai pada Mei 2017 lalu, dan langsung membuat heboh karena menyerang banyak rumah sakit. Beberapa minggu kemudian varian WannaCry menyebar ke lebih dari 150 negara lain.

WannaCry masuk dalam golongan ransomware karena malware ini beroperasi dengan mengunci komputer sehingga tak bisa digunakan oleh penggunanya, dan mereka harus membayar uang tebusan terlebih dahulu untuk membuka kuncinya itu.

Setelah bikin heboh di lebih dari 150 negara Microsoft sebenarnya sudah menambal celah yang dimanfaatkan oleh WannaCry di Windows. Namun ternyata ransomware ini masih bisa menginfeksi, seperti yang terjadi di pabrik Boeing tersebut.

(asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Fotostop: Biru Kuis

    Fotostop: Biru

    Jumat, 27 Apr 2018 10:41 WIB
    Warna biru memberikan kesan menenangkan, tenang dan juga damai. Warna biru pun bisa dijadikan objek foto yang menarik. Yuk ikutan kuis fotostop detikINET.
  • Jaringan XL Diklaim Selimuti 93% Indonesia

    Jaringan XL Diklaim Selimuti 93% Indonesia

    Jumat, 27 Apr 2018 10:18 WIB
    Hingga saat ini, cakupan jaringan data operator seluler ini telah melayani di kurang lebih 4.226 kecamatan yang berada di 406 kota/kabupaten di Tanah Air.
  • Pasar Ponsel Melemah, Samsung Tetap Untung

    Pasar Ponsel Melemah, Samsung Tetap Untung

    Jumat, 27 Apr 2018 09:30 WIB
    Samsung Electronic mengungkap pasar ponsel secara global melemah dan memperlambat pertumbuhan pemasukkannya. Kendati begitu mereka masih meraup keuntungan.
  • Nokia N Series Siap Bangkit dari Kubur

    Nokia N Series Siap Bangkit dari Kubur

    Jumat, 27 Apr 2018 09:04 WIB
    HMD Global kembali akan membangkitkan ponsel Nokia yang tenar di masanya. Vendor asal China itu dikabarkan bakal merilis ponsel N-Series dalam waktu dekat.
  • Janji Untung Cuma 5% ala Xiaomi

    Janji Untung Cuma 5% ala Xiaomi

    Jumat, 27 Apr 2018 07:23 WIB
    Bos Xiaomi Lei Jun berjanji kalau perusahaannya itu akan membatasi laba bersih alias untung setelah pajak untuk penjualan produknya sebesar 5%. Kenapa?
  • Ganti Presiden, Nintendo Siap Pecahkan Rekor

    Ganti Presiden, Nintendo Siap Pecahkan Rekor

    Jumat, 27 Apr 2018 06:45 WIB
    Nintendo mengumumkan nama baru yang akan menjadi presiden. Pergeseran jabatan ini diharapkan dapat mengalahkan rekor keuntungan yang ditorehkannya 9 tahun lalu.