Sabtu, 24 Feb 2018 12:18 WIB

Celah di uTorrent Bisa Bajak Komputer

Adi Fida Rahman - detikInet
Ilustrasi. Foto: Internet Ilustrasi. Foto: Internet
Jakarta - Bila kerap menggunakan uTorrent untuk mendownload file sebaiknya berhati-hati. Pasalnya aplikasi ini punya celah keamanan yang bisa meng-hijack komputer.

Kerentanan tersebut baru ditemukan oleh Travis Ormandy, sosok cukup dikenal di dunia penemuan bug. Dia mendapati ancaman serius yang dihadapi pengguna uTorrent.

Celah ini tidak hanya menginfeksi uTorrent Web, tapi juga uTorrent Classic client. Celah keamanan tersebut dapat membuat history download menjadi terbuka dan memungkinkan para hacker mengeksploitasi.

Bahkan mengkases situs manapun yang terhubung dengan server terpapar akan membahayakan komputer pengguna. Ketika satu penyerang mendapatkan akses, dia hanya perlu mendatangi laman web terpapar untuk menginfeksi mesin dan mencuri data sensitif.

Laporan mengklaim bahwa uTorrent Web adalah yang paling rentan dimana penyerang bahkan dapat mengubah lokasi folder download menjadi yang lebih penting seperti folder startup. Ini berarti skrip berbahaya akan segera berjalan saat komputer yang terinfeksi boot.

Peringatan akan kerentanan ini sempat dirahasiakan dan baru diungkapkan setelah 90 hari telah berlalu. Pengembang aplikasi uTorrent sendiri sejauh ini mengklaim bahwa masalah telah ditangani dan diperbaiki. (afr/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed