Jumat, 04 Agu 2017 18:08 WIB

Peretasan Sony vs HBO, Mana Lebih Parah?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Gettyimages Foto: Gettyimages
Jakarta - Peretasan jaringan komputer milik HBO disebut tujuh kali lipat lebih parah ketimbang peretasan jaringan Sony yang beberapa waktu lalu bikin heboh dunia maya. Benarkah?

Peretas yang menjebol jaringan komputer HBO mengklaim kalau ia bisa mencuri data sebesar 1,5 TB, yang tujuh kali lipat lebih besar ketimbang data yang dicuri oleh peretas jaringan komputer Sony pada 2014 lalu.

Padahal peretasan terhadap jaringan komputer Sony itu sudah cukup bikin perusahaan asal Jepang itu kelimpungan. Bahkan mereka butuh waktu cukup lama untuk mengembalikan kondisi jaringannya berjalan seperti sebelumnya.

Sementara peretas HBO sampai saat ini baru membocorkan beberapa episode dari serial buatan HBO, serta naskah untuk serial Game of Thrones terbaru. Mereka pun sampai saat ini tidak (atau belum) meminta uang tebusan, seperti yang dilakukan peretas Netflix awal 2017 ini.

Data sebesar 1,5 TB yang dicuri oleh peretas diperkirakan tak cuma berisi dokumen berupa teks, baik itu email ataupun data-data rahasia, melainkan juga data berupa video maupun audio, demikian dikutip detikINET dari Vanity Fair, Jumat (4/8/2017).

Selain video-video berharga, dokumen berupa teks pun ditakutkan bocor ke tangan peretas. Namun CEO HBO Richard Plepler mengaku ia percaya kalau sistem email perusahaannya itu tak ikut jebol dalam serangan hacker tersebut. (asj/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed