Spektakuler! NASA Rilis Video Peluncuran Roket Terkuat ke Bulan

Spektakuler! NASA Rilis Video Peluncuran Roket Terkuat ke Bulan

ADVERTISEMENT

Spektakuler! NASA Rilis Video Peluncuran Roket Terkuat ke Bulan

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 28 Nov 2022 20:15 WIB
Bulan purnama stroberi terlihat di langit AS. Pemandangan tak biasa pun terlihat kala roket NASA untuk misi ke bulan terpotret bersama purnama stroberi.
NASA Rilis Video Peluncuran Roket Terkuat ke Bulan. Foto: REUTERS/JOE SKIPPER
Jakarta -

NASA telah merilis rekaman udara dari penerbangan megaroket paling kuatnya, roket Space Launch System (SLS) ke Bulan, yang diluncurkan pada 16 November.

Dikutip dari The Express Tribune, badan antariksa nasional Amerika Serikat (AS) itu baru-baru ini meluncurkan roket 32 lantai generasi terbaru menuju Bulan. Roket tersebut dikatakan sebagai roket paling kuat hingga saat ini.

Penerbangan perdana SLS merupakan sebuah gebrakan baru dari NASA dalam membawa astronautnya ke luar angkasa. Selain menjadi yang terkuat, SLS juga merupakan roket paling kompleks di dunia dengan sistem peluncuran vertikal baru terbesar yang dibangun NASA setelah Saturn V yang diluncurkan dalam program Apollo tahun 1960-an dan 70-an.

Rekaman sepanjang 32 detik yang dirilis, menunjukkan bagaimana detik-detik peluncuran roket dari Kennedy Space Center di Florida, AS.

Peluncuran ini merupakan bagian dari misi Artemis menuju Bulan. Sejauh ini, misi Artemis I tidak memiliki kru. Namun, keberhasilan uji terbang nantinya akan memungkinkan para astronaut bergabung dalam misi Artemis berikutnya.

Roket terkuat NASA membawa pesawat antariksa Artemis 1 Orion. Pesawat itu tiba di Bulan pada 22 November. Pesawat sempat hilang kontak selama kurang lebih 34 menit dalam manuver itu. Saat sinyal sudah kembali, pesawat pun mengirimkan gambar Bumi di kejauhan.

Setelah terbang dekat ini, Orion terbang lebih jauh dan berputar mengelilingi Bulan. Pada 26 November, ia memecahkan rekor jarak yang ditempuh Apollo 13 ketika mencapai 400.171 km dari Bumi. Pesawat itu merekam lokasi pendaratan Apollo 11, 12 dan 14 saat mendekat.

Apabila penerbangan ini berjalan dengan baik, para astronaut akan ikut serta dalam perjalanan berikutnya, pertama-tama ke orbit mengelilingi Bulan. Setelahnya, misi Artemis edisi ketiga akan membawa wanita pertama dan orang kulit berwarna pertama ke permukaan Bulan.

Berikut adalah video peluncuran ke Bulan yang dirilis NASA.

[Gambas:Youtube]

Simak Video 'Orion NASA Catat Rekor Baru Jarak 270 Mil dari Bumi':

[Gambas:Video 20detik]



(rns/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT