Selamat, Pesawat Artemis NASA Sudah Sampai di Bulan

Selamat, Pesawat Artemis NASA Sudah Sampai di Bulan

ADVERTISEMENT

Selamat, Pesawat Artemis NASA Sudah Sampai di Bulan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 22 Nov 2022 10:29 WIB
Misi Artemis sampai di Bulan
Pesawat Artemis dengan kapsul Orion sampai di Bulan. Foto: NASA
Jakarta -

Pesawat antariksa NASA, Artemis 1 Orion, sudah tiba di Bulan. Kapsul Orion sudah berada sekitar 130 kilometer di atas permukaan Bulan dan sekarang akan memasuki orbit yang lebih besar.

Dikutip detikINET dari BBC, pesawat itu sempat hilang kontak selama kurang lebih 34 menit dalam manuver itu. Saat sinyal sudah kembali, pesawat pun mengirimkan gambar Bumi di kejauhan.

"Ini adalah salah satu hari yang telah Anda pikirkan dan impikan untuk waktu yang sangat lama," kata Direktur penerbangan NASA Zebulon Scoville.

"Pagi ini, kami baru saja melihat Bumi terbenam di belakang Bulan saat kami mengarahkan kendaraan manusia mengelilingi Bulan, bersiap untuk membawa manusia kembali ke sana dalam beberapa tahun. Ini adalah game-changer," tambah dia.

Setelah terbang dekat ini, Orion akan terbang lebih jauh dan berputar mengelilingi Bulan. Pada 26 November, ia akan memecahkan rekor jarak yang ditempuh Apollo 13 ketika mencapai 400.171 km (248.655 mil) dari Bumi.

Pesawat itu merekam lokasi pendaratan Apollo 11, 12 dan 14 saat mendekat. Misi Artemis dimulai beberapa hari lalu dari Kennedy Space Center di Florida. Kapsul Orion telah mengirim kembali beberapa selfie selama perjalanannya.

Karena merupakan penerbangan uji coba, tidak ada astronot yang berada di dalamnya. Terdapat tiga manekin dengan ribuan sensor sebagai gantinya. "Sensor tersebut memperoleh gambaran apakah lingkungannya akan baik-baik saja bagi manusia," jelas astronot NASA Zena Cardman.

Apabila penerbangan ini berjalan dengan baik, para astronot akan bergabung dalam perjalanan berikutnya, pertama-tama ke orbit mengelilingi Bulan. Setelahnya, misi Artemis edisi ketiga akan membawa wanita pertama dan orang kulit berwarna pertama ke permukaan Bulan.



Simak Video "NASA Kembangkan Baju Astronaut Baru untuk Menjelajahi Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT