Kehebatan Diego Maradona, Approved by Science!

Kehebatan Diego Maradona, Approved by Science!

ADVERTISEMENT

Kehebatan Diego Maradona, Approved by Science!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 28 Nov 2022 15:40 WIB
Mural raksasa Diego Maradona karya seniman Martin Ron
Haul ke-2 Diego Maradona. Diego Maradona merupakan pesepakbola yang secara ilmiah dinyatakan punya performa apik. Foto: AFP/LUIS ROBAYO
Jakarta -

Dua tahun yang lalu, pesepakbola Diego Maradona meninggal dunia karena serangan jantung di usianya yang ke-60 tahun. Baru-baru ini, Tim Argentina memberikan penghormatan pada haul ke-2 Si Tangan Tuhan.

Diego Maradona memang memiliki performa yang sangat apik di lapangan. Salah satu yang mendukung ternyata karena postur tubuhnya yang lebih pendek ketimbang pemain bola lainnya. Tinggi Diego Maradona adalah 165 cm, kontras dengan pemain Latin atau Eropa yang mencapai 180-200 cm.

Namun melansir The Atlantic, Profesor Ilmu Olahraga Stasinos Stavrianeas dari Willamette University mengatakan pemain bertubuh kecil cenderung lebih sigap. Mereka dapat mengubah arah dengan cepat ketimbang yang tubuhnya jangkung dan mereka punya kontrol yang baik atas anggota tubuh mereka.

"Itu yang membuat mereka sulit dipahami bek, dan itu yang membuatnya menjadi ancaman yang lebih baik," ujar Stavrianeas.

"Orang yang lebih pendek punya pola langkah yang lebih cepat," sambungnya.

Salah satu contoh nyata keunggulan bertubuh pendek adalah gol Maradona ketika Argentina melawan Inggris pada Piala Dunia 1986. Aksinya memperlihatkan betapa piawainya ia menjaga keseimbangan dan langkah cepat.

Selain Maradona, pemain Argentina lainnya juga ada yang memiliki keunggulan tersebut. Dia adalah Lionel Messi yang memiliki tinggi 169 cm dan saat ini bermain untuk Paris Saint-Germain (PSG).



Simak Video "Startup di California Optimalkan Batu Kapur untuk Serap CO2 Lebih Cepat"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT