Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi, Mana yang Lebih Baik?

Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi, Mana yang Lebih Baik?

ADVERTISEMENT

Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi, Mana yang Lebih Baik?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Minggu, 27 Nov 2022 13:24 WIB
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo pemotretan
Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi, sama hebatnya! Foto: Instagram @louisvuitton
Jakarta -

Kalau bicara bola, apalagi di tengah Piala Dunia 2022, tidak bisa lepas dari pembahasan Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi. Secara saintifik, kedua pesepakbola ini sama-sama punya performa unggul. Tapi, siapa yang lebih baik di antara keduanya?

Pernah ada penelitiannya rupanya nih, detikers. Salah satunya studi dari SciSports berkolaborasi dengan Universidad Católica di Leuven, Belgia. Diungkapkan secara gamblang bahwa pemain asal Argentina itu dua kali lebih baik dibandingkan CR7.

"Nilai dari seorang pemain sering dipatok dari segi gol dan assist. Gol sebenarnya kejadian langka, soalnya rata-rata ada 1.600 kejadian di sebuah pertandingan," kata Prof Jesse Davis.

Penilaian studi ini diambil dari berbagai model aksi seperti shot, passes, dribble, dan tackle. Sebagai catatan, performa diamati dari penampilan mereka sepanjang tahun 2013-2018.

Hasilnya, Messi mencetak 1,21, sedangkan Ronaldo mencetak 0,61. Hal menarik adalah periode yang diteliti ini merupakan waktu paling sukses pemain asal Portugal ini bersama Real Madrid. Mereka memenangkan empat Liga Champions dan secara pribadi, CR7 memenangkan empat Ballon d'Or. Dalam periode yang sama, Messi memenangkan masing-masing satu kemenangan.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa Lionel Messi lebih banyak bermain dengan bola, menghasilkan lebih banyak peluang dan memiliki lebih banyak efek pada hasil pertandingan daripada Ronaldo.

Tapi Cristiano Ronaldo tidak kalah keren dibanding Lionel Messi. Pada laporan catatan kesehatan Ronaldo yang dimiliki Juventus, pria tersebut dinyatakan sama bugarnya dengan atlet profesional berusia 20 tahun.

Menurut media Spanyol AS, catatan kesehatan Ronaldo menunjukkan dirinya hanya memiliki 7% lemak tubuh yang mana rata-rata seorang atlet profesional berada di angka 10-11%, seperti dilansir NY Post.

Ia pun memiliki 50% massa otot yang artinya 4% lebih banyak dari profesional lainnya. Tercatat juga kecepatan larinya di tahun 2017 mencapai 20.66 mph atau 33.24 km per jam.

Cristiano Ronaldo dikenal memang menerapkan gaya hidup sehat yang cukup baik, mulai dari rajin donor darah dan tidak merokok. Soal pola makan, ia tergolong pesepakbola yang tidak memilih-milih makanan namun makanan favoritnya tetap menu yang super sehat yaitu ikan, terutama ikan laut seperti ikan pedang dan kakap putih.



Simak Video "Kans Ronaldo Tanding Lawan Messi Lagi Usai Hijrah ke Al Nassr "
[Gambas:Video 20detik]
(ask/agt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT