Ciri-ciri Video UFO Hoax Menurut Investigator

Ciri-ciri Video UFO Hoax Menurut Investigator

ADVERTISEMENT

Eureka!

Ciri-ciri Video UFO Hoax Menurut Investigator

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 23 Nov 2022 17:44 WIB
Eureka! UFO Gentayangan
Ciri-ciri video UFO hoax menurut investigator UFO di Indonesia. Foto: (detikcom)
Jakarta -

Video UFO tidak semuanya benar. Dengan kemajuan teknologi, sangat mudah untuk membuat video editan. Apalagi dengan dibumbui narasi yang mendukung, akan semakin sulit mengetahui kebenarannya karena dibuat begitu meyakinkan.

Namun, karena terbiasa melihat berbagai video penampakan UFO, Mohammad Reza Wardhana pendiri komunitas BETA UFO memberikan tipsnya untuk mengetahui apakah video UFO itu hoax atau bukan. Sebagai catatan, UFO atau unidentified flying object tidak hanya soal wahana dari luar angkasa saja. Semua benda terbang yang aneh dan belum teridentifikasi maka bisa disebut sebagai UFO juga.

Kembali ke benang merah, bagaimana cara membedakan video UFO hoax dengan yang diambil tanpa editan? Pertama-tama, bisa dilihat dari cara syuting atau pengambilan gambar UFO di kamera.

"Misalnya, ciri-ciri video UFO yang hoax itu selalu ditampakkan sangat jelas. Lalu sangat sangat ke tengah, center. Ini seolah-olah si pembuatnya ini ingin meyakinkan bahwa ini loh ada UFO yang tertangkap jelas," ujar Reza di acara live stream 'Eureka! UFO Gentayangan'.

Padahal jika dibandingkan, rata-rata video UFO tidak menampilkan objek dengan posisi di tengah. Apalagi benda terbang aneh (BETA) kerap bergerak dengan arah yang tidak terduga. Nah, jika kamera terlihat sigap mengikuti arah UFO tetap di tengah frame, ini patut dipertanyakan.

Selanjutnya adalah dengan memperhatikan lingkungan di mana video tersebut di ambil. Misalnya di tengah kota, dengarkan apakah ada suara orang-orang yang heboh karena melihat penampakan tersebut atau justru situasinya tidak mendukung skenario itu? Atau, apakah reaksi yang ditunjukkan saksi terlalu dibuat-buat?

"Pernah tuh ada ada video (hoax -- red) UFO muncul di luar negeri ya, muncul di atas apartemen atau apa itu. Kemudian orang-orang heboh berlebihan gitu, ada yang kaget nyebur ke kolam. Waduh, ini udah kayak reaksi nggak masuk akal deh," tandasnya.



Simak Video "Ini Alasan Mengapa UFO Disebut Kendaraan Alien"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT