Ini Cara Mengetahui Benda Misterius UFO atau Cuma Drone

Ini Cara Mengetahui Benda Misterius UFO atau Cuma Drone

ADVERTISEMENT

Eureka!

Ini Cara Mengetahui Benda Misterius UFO atau Cuma Drone

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 23 Nov 2022 15:45 WIB
Ilustrasi Drone
Membedakan UFO atau drone. Foto: Photo by Diana Măceşanu on Unsplash
Jakarta -

UFO adalah singkatan dari unidentified flying object. Tidak semua benda terbang aneh artinya berasal dari luar angkasa, ada banyak juga yang ternyata hanya sebuah drone. Tapi, bagaimana cara membedakannya?

Dalam perbincangan bersama detikINET di 'Eureka! Edisi 11: UFO Gentayangan', Senin (21/11/2022), Mohammad Reza Wardhana pendiri komunitas BETA UFO memberikan pandangannya. Sebagai permulaan, Reza menyarankan untuk menambah referensi bacaan dan tontonan untuk mengenai bedah UFO.

"Di luar negeri, yang mana laporannya jauh lebih banyak, teman-teman bisa mendapati bahwa ciri-ciri UFO biasanya itu adalah terbang zig zag secara tiba-tiba. Kita nggak boleh capek-capek untuk sering-sering membandingkannya dengan video drone, misalnya," kata pria yang akrab disapa Reza ini.

"Terus kita pasang telinga, dulu apakah cahaya yang terbang di malam hari itu menimbulkan suara. Nah kalau dia suaranya seperti 'ngeng ngeng' itu ada kemungkinan adalah layangan sowang atau layangan yang ukurannya gede dan punya tali. Apalagi beberapa tahun belakangan sudah sudah ada yang trennya dikasih lampu," sambung Reza.

Lalu untuk drone, biasanya suara drone terdengar bising. Mirip seperti suara lebah yang sedang berdengung. Sebab, drone memiliki baling-baling yang membantu alat itu untuk terbang dan menangkap gambar dari atas.

Sedangkan untuk kemungkinan lain, bisa jadi benda terbang yang kamu lihat adalah satelit yang tengah berbaris. Ciri satelit yang sedang berbaris di langit adalah mereka berjalan tidak asal gerakannya, biasanya akan berjalan lurus menusuri langit.

"Teman-teman juga nggak boleh bosen juga untuk sering-sering lihat video di YouTube tentang gerakan satelit. Sekarang, satelitnya Elon Musk itu ada banyak dan berderet-deret. Itu bisa terlihat di Indonesia. Satelit itu dia geraknya lurus aja udah dan kedip-kedip. Tapi kalau yang dia (benda misterius bergeraknya) lurus, kiri, kanan, nah itu sudah tanda-tanda (bisa jadi UFO -- red)," tutupnya.



Simak Video "Ini Alasan Mengapa UFO Disebut Kendaraan Alien"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT