Mumi Hamil Pertama di Dunia Terungkap Wajahnya

Mumi Hamil Pertama di Dunia Terungkap Wajahnya

ADVERTISEMENT

Mumi Hamil Pertama di Dunia Terungkap Wajahnya

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 12 Nov 2022 05:45 WIB
Mumi The Mystery Lady
Mumi mengandung yang dijuluki The Mystery Lady. Foto: Mirror
Warsawa -

Pada tahun 1826, ditemukan di Mesir mumi seorang ibu sedang mengandung pertama di dunia. Sekarang dengan teknologi canggih, terungkap seperti apa wajahnya kala masih hidup dahulu kala.

Seperti dikutip detikINET dari Mirror, Sabtu (12/11/2022) ilmuwan forensik mereka ulang mumi yang dijuluki 'The Mystery Lady' itu, dan meninggal 2.000 tahun yang lalu. Usianya diduga antara 20 sampai 30 tahun, dan umur kandungannya 28 minggu.

Menggunakan teknik 2 dimensi dan 3 dimensi, pakar merekonstruksi wajahnya berdasarkan tulang tengkorak dan bagian tubuh yang lain. Oh ya saat ini, mumi itu berada di Polandia.

"Tulang dan tengkorak kita pada khususnya, memberikan banyak informasi tentang bagaimana wajah seorang individu," kata Chantal Milani, pakar forensik Italia dan anggota Warsaw Mummy Project.

Mumi The Mystery LadyWajah mumi The Mystery Lady saat masih hidup. Foto: Mirror

Dari hasil rekonstruksi, tampak wajahnya kecoklatan dengan rambut ikal. "Meski tidak bisa dianggap sebagai foto yang persis, tengkorak adalah unik dan menunjukkan proporsi yang muncul di wajah ini," tambah Chantal.

Pada saat kematiannya, wanita ini mengalami proses mumifikasi dan dibungkus kain. Ritual ini pada zaman kuno adalah untuk menjaga jasad di kehidupan selanjutnya.

Rekonstruksi wajah ini mengingatkan bahwa mumi adalah manusia yang dulu hidup, sama seperti kita semua. Mereka bukan sekadar benda yang dipertunjukkan di museum-museum.

"Orang-orang cenderung lupa bahwa mereka dulu manusia hidup yang memiliki kehidupan, cinta dan tragedi mereka sendiri," kata Dr. Wojciech Ejsmond, arkeolog dari Polish Academy of Sciences.

"Pakar forensik mengungkap wajah ini untuk data ilmiah, sehingga orang ini tidak lagi dianggap sebagai seseorang yang anonim dan hanya dipamerkan sebagai mumi," tambah dia.



Simak Video "Tim Arkeolog Temukan Mumi Berusia 4300 Tahun di Mesir"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT