7 Fakta Makam Firaun Tutankhamun yang Dulu Guncang Dunia

7 Fakta Makam Firaun Tutankhamun yang Dulu Guncang Dunia

ADVERTISEMENT

7 Fakta Makam Firaun Tutankhamun yang Dulu Guncang Dunia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 08 Nov 2022 05:45 WIB
Raja Tut dan Belati mesir
7 Fakta Makam Raja Tut yang Dulu Mengguncang Dunia. Foto: AFP
Jakarta -

Makam salah satu Firaun atau Raja Mesir, Tutankhamun atau Raja Tut, ditemukan pada November 1922 dan menghebohkan dunia ketika itu. Peristirahatan terakhirnya itu ditemukan dalam kondisi luar biasa dan begitu pula barang-barang yang ada di sana, termasuk benda-benda mewah.

Tak hanya itu, ada bumbu-bumbu berupa cerita kutukan yang konon menimpa tim yang menggalinya, walau tentu sebatas mitos. Nah, berikut 7 fakta tentang makam Raja Tut yang dikutip detikINET dari Fox News, Selasa (8/11/2022):

1. Kapan kuburan Raja Tut dibangun dan seberapa besar?

Menurut National Geographic, makam Raja Tut dibangun lebih dari 3.000 tahun yang lalu. Dilaporkan ada 5 ruangan di komplek kuburan Sang Firaun, termasuk ruang koridor, ruang depan dan tentunya ruang untuk pemakaman.

Kementerian Pariwisata Mesir menyebutkan bahwa ruang pemakaman Raja Tut ukurannya 6 kali 4 meter serta memiliki sarkofagus luar persegi panjang yang ada hiasannya. Raja Tut meninggal dunia di usia sekitar 19 tahun pada 1323 Sebelum Masehi.

2. Lokasi kuburan Raja Tut

Seperti Firaun Mesir lain, makam Raja Tut dibangun di lokasi yang disebut Lembah Para Raja dan terletak di bawah tanah. Sesuai namanya, Lembah Para Raja merupakan tempat pemakaman kerajaan bagi para pemimpin nasional dan bangsawan powerful, lokasinya di tepi barat Sungai Nil, di seberang kota Luxor.

Makam di Lembah Para Raja dari abad ke-16 hingga ke-11 SM dibuat dari batu. Sedangkan Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir menyatakan peti Raja Tut terbuat dari kuarsit dengan hiasan empat dewa yang digambarkan dengan sayap terentang di tiap sudutnya.

3. Jumlah obyek yang ditemukan di makam Raja Tut

Banyak sekali benda ditemukan di tempat pemakaman Raja Tut. Menurut Smithsonian Magazine, ada sekitar 5.000 obyek ditemukan dan belum semuanya diteliti dengan detail.

Benda-benda itu termasuk kain mewah, sandal emas, topeng emas yang ikonik, perisai dari kulit cheetah, bir, anggur, minyak dan masih banyak lagi jenisnya.

4. Ada mumi lain di makam Raja Tut

Komplek pemakaman Raja Tut tidak hanya menyimpan benda-benda purbakala, tapi ada juga mumi manusia lain, termasuk dua anaknya yang meninggal dalam kandungan. Keduanya baru berumur antara 25 sampai 37 minggu.

Ada pula jasad binatang berupa anjing, yang diyakini adalah anjing pemburu bernama Abuwtiyuw. Anjing ini diyakini dikembangbiakkan di zaman Mesir Kuno sebagai peliharaan dan pelindung manusia kala itu.

Halaman selanjutnya, nilai kuburan Raja Tut>>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT