Ngeri, Asteroid Pembunuh Planet Sembunyi di Balik Matahari

Ngeri, Asteroid Pembunuh Planet Sembunyi di Balik Matahari

ADVERTISEMENT

Ngeri, Asteroid Pembunuh Planet Sembunyi di Balik Matahari

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 02 Nov 2022 07:49 WIB
Asteroid yang bersembunyi di balik silau cahaya Matahari
Ilustrasi asteroid sembunyi di balik Matahari. Foto: (Image credit: DOE/FNAL/DECam/CTIO/NOIRLab/NSF/AURA/J. da Silva/Spaceengine)
Jakarta -

Astronomer telah berhasil mendeteksi tiga asteroid kategori dekat Bumi, yang sebelumnya tidak terdeteksi lantaran tersembunyi di balik cahaya Matahari. Salah satunya berukuran besar dan berpotensi menjadi bahaya bagi Planet Bumi.

Asteroid di antara orbit Bumi dan Venus itu sangat sulit diobservasi, karena terang cahaya Matahari menyembunyikannya dari deteksi teleskop. Nah untuk mengakalinya, astronom mengarahkan teleskop saat senja dan berhasil mendeteksinya melalui teleskop Victor M Blanco di Chile.

Temuan itu dipublikasikan di jurnal The Astronomical Journal. Salah satu asteroid bernama 2022 AP7, lebarnya 1,5 kilometer dan ada kemungkinan suatu saat mengarah Planet Bumi. Namun ilmuwan belum dapat memprediksi waktunya dan saat ini, tak ada bahaya apa-apa.

"Sejauh ini, kami menemukan dua asteroid dekat Bumi yang panjangnya sekitar 1 kilometer, suatu ukuran yang kami sebut sebagai pembunuh planet," sebut kata Scott S Sheppard dari Carnegie Institution for Science yang memimpin riset ini.

Disebut sebagai pembunuh planet, lantaran asteroid ukuran 1 kilometer atau lebih akan sangat membahayakan kehidupan di Bumi jika terjadi tumbukan. Misalnya saja, material yang dilepaskan ke atmosfer akan menghalangi sinar Matahari selama bertahun-tahun.

"Kejadian semacam itu akan menjadi peristiwa kepunahan massal yang belum pernah terlihat lagi di Bumi selama jutaan tahun," papar Sheppard.

Adapun asteroid yang dikategorikan dekat Bumi adalah jika orbitnya 48,3 juta kilometer atau kurang dari Bumi. Pada saat ini, melacak asteroid atau obyek lain yang berpotensi mengancam Bumi telah menjadi perhatian khusus NASA dan lembaga antariksa lainnya.

Saat ini, tidak ada asteroid berbahaya yang mengarah ke Bumi. Akan tetapi, ada sekitar 27 ribu asteroid dalam berbagai bentuk dan ukuran dikategorikan dekat dengan Bumi.



Simak Video " 'Asteroid Natal' yang Lagi Dekat dengan Bumi, Apa Itu?"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT