Pernah Viral Suara Dentuman Misterius, Mungkin Ini Jawabannya

Pernah Viral Suara Dentuman Misterius, Mungkin Ini Jawabannya

ADVERTISEMENT

Pernah Viral Suara Dentuman Misterius, Mungkin Ini Jawabannya

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 20 Okt 2022 13:11 WIB
Dalam jepretan kamera lelehan lava yang mengalir keluar dari kawah gunung berapi terlihat sangat indah. Yauk, intip lansekap foto-fotonya.
Dentuman Misterius, Suara Gunung atau Tanda Bahaya Lainnya? Foto: Getty Images
Jakarta -

Dentuman misterius pernah beberapa kali terdengar di sejumlah daerah dan jadi viral. Beberapa ada yang mengaitkan dentuman tersebut sebagai dampak dari aktivitas gunung berapi.

Akan tetapi, apakah semua suara dentuman misterius berasal dari gunung berapi? Pakar Vulkanologi ITB Mirzam Abdurachman menjelaskannya kepada detikINET.

Menurut Mirzam, suara dentuman berkaitan dengan aktivitas gunung bisa saja terjadi. Sebab, gunung memang bisa mengeluarkan suara-suara. Namun, ini harus dilakukan penelitian secara komprehensif, apakah waktunya tepat dan morfologinya memungkinkan.

"Apakah gunung berapi bisa menghasilkan bunyi? Bisa. Tapi apakah suara dentuman dari sekitar Jawa Barat itu berasal dari Krakatau? Bisa iya, bisa tidak," jabarnya dalam 'Eureka! Edisi 10: Rahasia Gunung Api', Senin (17/10/2022).

Ia menganalogikan suara gunung seperti kendi yang diisi air. Ketika diisi setengah, lalu dimasukan sebuah kelereng di dalamnya, tentunya akan menghasilkan bunyi. Begitu juga gunung berapi, misalnya ketika dapur magma ambruk atau lain sebagainya, bisa saja terdengar suara dari dalam gunung.

Akan tetapi, kembali lagi, semua harus diukur seperti waktu yang tepat, jarak yang sesuai dan lain sebagainya. Kesimpulannya, bisa saja suara dentuman berasal dari sebuah gunung, namun bisa juga asalnya bukan dari sana.



Simak Video "Heboh Dentuman Keras di Depok, Warga Diminta Tak Panik"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT