Ritual Kuno Tumbalkan Ratusan Bocah untuk Persembahan Dewa

Ritual Kuno Tumbalkan Ratusan Bocah untuk Persembahan Dewa

ADVERTISEMENT

Round up

Ritual Kuno Tumbalkan Ratusan Bocah untuk Persembahan Dewa

Tim - detikInet
Sabtu, 01 Okt 2022 06:15 WIB
Tumbal bocah di Peru
Foto: Daily Mail
Jakarta -

Sebanyak 76 kerangka anak-anak yang dikorbankan atau menjadi tumbal ditemukan di Peru. Di salah satu sudut, lima kerangka anak disusun melingkar dengan kepala saling bersentuhan.

Mereka ditemukan di situs arkeologi Pampa La Cruz, yang selama ini memang sudah banyak terdapat temuan serupa. Seluruh jasad yang ditemukan, kecuali 5 anak tersebut, dikubur dengan pola kepala menghadap barat dan kaki menghadap timur.

Ilmuwan menduga mereka dikorbankan dalam masa peradaban Chimu. Total dari hasil penggalian selama ini, sudah ditemukan 302 anak yang dikorbankan di area itu, yang dibunuh dalam tahun 1050 sampai tahun 1200 silam.

Seperti dikutip detikINET dari Daily Mail, mereka diduga menjadi tumbal sebagai hadiah bagi para dewa. Masyarakat Chimu adalah peradaban pra Inca yang mulai muncul sekitar tahun 900 dan merupakan yang terbesar sebelum era Inca. Situs penemuan itu sudah lama dikenal sebagai tempat kuburan massal anak Chimu yang dikorbankan.

Pada tahun 2019, arkeolog menemukan lebih dari 140 anak wanita dan pria usia antara 5 sampai 14 tahun yang juga dijadikan tumbal. Banyak di antara mereka dibuka bagian jantungnya dalam ritual kuno yang tentu kejam.

"Situs ini membuka babak baru dalam praktik pengorbanan anak di dunia kuno. Penemuan arkeologi ini adalah kejutan bagi kita semua, kami belum pernah melihatnya sebelumnya," kata John Verano, pemimpin riset dari Tulane University.

Pengujian anatomi dan genetik memastikan anak-anak itu dan binatang seperti Llama yang turut dikubur, dibuka bagian dadanya untuk diambil jantungnya.

Menurut arkeolog dalam studi sebelumnya, anak-anak dikorbankan jadi tumbal oleh rakyat Chimu untuk menenangkan dewa mereka yang bernama Shi. Kala itu, terjadi bencana alam terkait fenomena El Nino.

Halaman selanjutnya, dada disayat dan jantung diambil>>>



Simak Video "Rekaman CCTV Anak Perempuan di Cimahi Dibunuh saat Pulang Ngaji"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT