Penemuan Seram 76 Jasad Bocah Jadi Tumbal Ritual Kuno

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 30 Sep 2022 12:35 WIB
Kuburan anak tumbal di Peru
Penemuan Seram 76 Jasad Bocah yang Jadi Tumbal. Foto: Daily Mail

Sebanyak 76 kerangka anak-anak yang dikorbankan atau menjadi tumbal ditemukan di Peru. Di salah satu sudut, lima kerangka anak disusun melingkar dengan kepala saling bersentuhan.

Mereka ditemukan di situs arkeologi Pampa La Cruz, yang selama ini memang sudah banyak terdapat temuan serupa. Seluruh jasad yang ditemukan, kecuali 5 anak tersebut, dikubur dengan pola kepala menghadap barat dan kaki menghadap timur.

Ilmuwan menduga mereka dikorbankan dalam masa peradaban Chimu. Total dari hasil penggalian selama ini, sudah ditemukan 302 anak yang dikorbankan di area itu, yang dibunuh dalam tahun 1050 sampai tahun 1200 silam.

Seperti dikutip detikINET dari Daily Mail, mereka diduga menjadi tumbal sebagai hadiah bagi para dewa. Masyarakat Chimu adalah peradaban pra Inca yang mulai muncul sekitar tahun 900 dan merupakan yang terbesar sebelum era Inca.

Tim ilmuwan masih meneliti apakah dapat dipastikan mereka dikorbankan dan bagaimana mereka dibunuh. Situs penemuan sudah lama dikenal sebagai tempat kuburan massal anak Chimu yang dikorbankan.

Pada tahun 2019, arkeolog menemukan lebih dari 140 anak wanita dan pria usia antara 5 sampai 14 tahun yang juga dikorbankan sebagai tumbal. Banyak di antara mereka dibuka bagian jantungnya dalam ritual kuno yang tentu kejam.

"Situs ini membuka babak baru dalam praktik pengorbanan anak di dunia kuno. Penemuan arkeologi ini adalah kejutan bagi kita semua, kami belum pernah melihatnya sebelumnya," kata John Verano, pemimpin riset dari Tulane University.

Pengujian anatomi dan genetik memastikan anak-anak itu dan binatang seperti Llama yang turut dikubur, dibuka bagian dadanya untuk diambil jantungnya.

Menurut arkeolog dalam studi sebelumnya, anak-anak dikorbankan rakyat Chimu untuk menenangkan dewa mereka yang bernama Shi. Kala itu, terjadi bencana alam terkait fenomena El Nino.

Chimu pernah menjadi salah satu peradaban paling powerful di wilayah tersebut dan mencapai puncak kejayaan pada tahun 1200 dan 1400 sebelum ditaklukkan Inca. Inca sendiri kemudian ditaklukkan oleh Spanyol.

Simak Video "Ngeri! Penemuan Jasad 2 Bocah di Koper Hasil Lelang di Selandia Baru"