Ilmuwan Bongkar Mumi "Putri Duyung" Berusia 300 Tahun

ADVERTISEMENT

Ilmuwan Bongkar Mumi "Putri Duyung" Berusia 300 Tahun

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 27 Jun 2022 05:48 WIB
Mumi putri duyung
Ilmuwan Bongkar Mumi
Jakarta -

Sekelompok peneliti memulai proyek mereka untuk menganalisis mumi "putri duyung". Konon, makhluk aneh ini ditangkap oleh jaring ikan di lepas pantai di wilayah yang kini dinamakan Prefektur Kochi, Jepang, antara tahun 1736 dan 1741.

Sejak penemuannya "putri duyung" ini disimpan di kuil Enjuin di Asakuchi, tempat ia dilihat sebagai objek pemujaan. Tim juga akan menguji sampel DNA yang diambil dari mumi, untuk memastikan hewan apa ini sesungguhnya.

Banyak yang meyakini ini adalah monyet dan ikan yang entah karena alasan apa, ditempel atau dijahit menjadi seperti duyung. Penelitian sebelumnya pernah mengamati makhluk serupa, termasuk satu "putri duyung" yang ternyata adalah ikan yang dilekatkan pada kawat dan batang kayu, dengan rambut manusia.

Dikutip dari IFL Science, tipuan terkait putri duyung yang paling terkenal mungkin adalah "Fiji Mermaid" yang dipamerkan oleh P.T. Barnum. Barnum mengiklankan pameran yang digelarnya dengan gambar mitos khas putri duyung.

Nyatanya, yang dilihat pengunjung yang datang ke pameran itu adalah putri duyung jejadian yang bagian atasnya tubuh monyet dijahit menjadi ikan, dan kedua bagian tubuh itu juga mati.

Tim peneliti akan mempublikasikan temuan mereka tentang "putri duyung" tersebut akhir tahun ini. Menurut Hiroshi Kinoshita dari Okayama Folklore Society yang pertama kali mencetuskan proyek penelitian ini, spesimen "putri duyung" lainnya ternyata adalah monyet yang dijahit ke salmon.

[Gambas:Youtube]



(rns/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT