Westminster Abbey Ada Pintu Tertua Inggris, Konon Berlapis Kulit Manusia

ADVERTISEMENT

Westminster Abbey Ada Pintu Tertua Inggris, Konon Berlapis Kulit Manusia

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 20 Sep 2022 12:17 WIB
Pintu tertua di Inggris
Foto: Wikimedia Commons
Jakarta -

Westminster Abbey dan lokasi pemakaman Ratu Elizabeth II adalah rumah bagi pintu tertua di Inggris. Pintu tersebut konon menyimpan kulit manusia yang dikuliti.

Ditemukan di lorong yang mengarah ke Chapter House, pintu itu digunakan pada abad ke-13 oleh para biarawan yang menghadiri doa. Chapter House kemudian digunakan sebagai tempat pertemuan parlemen, tempat Majelis Umum duduk antara tahun 1352 hingga 1397, dan saat ini digunakan untuk menyimpan dokumen keagamaan.

Pada tahun 2005, para peneliti melihat lebih dekat pintu tersebut, dan memperkirakan usia benda itu dengan cermat. Mereka menemukan bahwa pintu yang kayunya berasal dari satu pohon itu memiliki pola lingkaran yang menunjukkan bahwa pintu tersebut dibuat antara tahun 924 hingga 1030 M.

"Pola lingkaran yang ditampilkan oleh kayu menunjukkan pohon itu tumbuh di Inggris timur dan hampir pasti berasal dari hutan luas yang dimiliki oleh biara, mungkin di Essex," kata arkeolog Warwick Rodwell dikutip dari Guardian, Selasa (20/9/2022).

Tim peneliti percaya, pintu itu dibangun pada 1050-an pada masa pemerintahan Raja Edward The Confessor. Fakta itu menjadikannya pintu tertua di Inggris, serta satu-satunya pintu dari zaman Anglo-Saxon yang tersisa di negara itu.

Para peneliti juga memeriksa potongan-potongan kulit yang telah menempel di pintu. Ada kabar yang beredar menyebutkan kulit tersebut merupakan kulit manusia.

"Pada abad ke-19 diketahui bahwa ada serpihan kulit yang menempel di pintu, dan sebuah legenda berkembang mengatakan bahwa ini adalah kulit manusia," kata juru bicara Biara pada tahun 2005.

Menurut legenda itu, diduga ada seseorang di abad pertengahan yang tertangkap karena melakukan penistaan di biara. Ia kemudian dikuliti, dan kulitnya dipaku ke pintu itu sebagai peringatan agar tidak ada orang yang melakukan perbuatan serupa.

Namun berdasarkan penelitian tim saat itu, diketahui bahwa kulit di pintu kuno tersebut bukan kulit manusia, melainkan kulit sapi. Sayangnya tidak diketahui apa fungsi menempelkan kulit sapi pada pintu.



Simak Video "Antrean Membeludak Warga yang Ingin Melayat Ratu Elizabeth II"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT