Peti Mati Ini Bikin Jenazah Ratu Elizabeth II Tak Cepat Membusuk

ADVERTISEMENT

Peti Mati Ini Bikin Jenazah Ratu Elizabeth II Tak Cepat Membusuk

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 15 Sep 2022 05:40 WIB
Mobil yang membawa jenazah Ratu Elizabeth II tiba di Istana Buckingham, Selasa (13/9) waktu setempat. Kedatangan jenazah Ratu Elizabeth II disambut ribuan warga.
Foto: AP Photo
Jakarta -

Kerajaan Inggris punya sejumlah tradisi unik termasuk dalam prosesi kematian. Salah satunya, peti mati yang akan menjadi tempat bersemayam Ratu Elizabeth II, dilapisi timah.

Sang Ratu akan dimakamkan di peti mati dari kayu ek dengan berat satu ton karena dilapisi dengan timah. Sebelumnya, peti mati suaminya, Pangeran Philip, dan mantan menantunya, Putri Diana, juga dilapisi timah. Peti mati Ratu Elizabeth II bahkan sudah disiapkan sejak 30 tahun lalu.

Praktik menempatkan bangsawan ke dalam peti mati yang dilapisi juga timah sudah berlangsung selama ratusan tahun. Ini tidak ada hubungannya dengan mitos yang mencegah arwah bangkit dari kubur atau melawan kekuatan supernatural.

Dikutip dari IFL Science, selama berabad-abad, Raja, Ratu, Pangeran, dan Putri Kerajaan Inggris ditempatkan di peti mati berlapis timah untuk mengawetkan tubuh mereka dengan lebih baik.

Tradisi ini berasal dari masa ketika metode pengawetan modern belum tersedia. Untuk diketahui, penggunaan formaldehida atau formalin untuk mengawetkan mayat baru ditemukan pada sekitar tahun 1869.

Peti mati berlapis timah memperlambat dekomposisi atau pembusukan tubuh dengan menjaga kelembaban dari peti mati. Hal ini karena lapisan timah dapat menyegel peti mati dari kelembapan, yang dapat membuat jenazah membutuhkan waktu lebih lama untuk membusuk.

Sama halnya seperti tidak ada udara yang bisa masuk, tidak ada juga yang bisa dikeluarkan, sehingga peti tidak akan ada bau tidak enak selama proses pembusukan.

Mengapa keluarga kerajaan Inggris perlu memperhatikan hal ini? Dalam beberapa kasus, mereka mungkin memindahkan peti mati ke tempat lain. Ini yang terjadi pada Putri Alice, ibu Pangeran Philip. Jadi tentunya mereka tidak menginginkan bau busuk tercium dari peti mati.

Jenis peti mati ini tentu saja berada di luar kisaran harga peti mati pada umumnya. Karenanya, hanya para bangsawan dan keluarga kerajaan yang menggunakannya.



Simak Video "Antrean Membeludak Warga yang Ingin Melayat Ratu Elizabeth II"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT