Nelayan Temukan Hiu Misterius dengan Mata Melotot

ADVERTISEMENT

Nelayan Temukan Hiu Misterius dengan Mata Melotot

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 19 Sep 2022 08:45 WIB
Hiu misterius ditemukan di Australia
Nelayan Temukan Hiu Misterius dengan Mata Melotot Foto: Trapman Bermagui/Facebook
Jakarta -

Seorang nelayan di Australia menangkap seekor hiu laut dalam misterius dengan mata melotot dan gigi yang tonggos. Penemuan hewan misterius ini memicu perdebatan tentang spesies aslinya.

Pada 12 September pengguna Facebook bernama Trapman Bermagui, seorang nelayan asal Sydney, mengunggah foto hiu yang ia tangkap di kedalaman 650 meter. Hiu itu memiliki wujud yang unik, dengan kulit yang terlihat kasat, mata yang besar dan melotot, serta gigi tajam yang menonjol.

Dalam hitungan hari, postingan foto itu mendapatkan lebih dari 250 komentar dan sekitar 1.400 likes. Beberapa pengguna Facebook beropini bahwa hiu itu merupakan spesies 'cookiecutter shark'.

Tapi Bermagui memiliki penjelasannya tersendiri. Ia mengatakan hiu misterius yang ditangkap tersebut adalah 'rough skin shark' yang dikenal sebagai salah satu spesies 'endeavor dog shark'.

"Hiu-hiu seperti ini biasanya ditemukan di kedalaman lebih dari 600 meter. Kami biasanya menangkap mereka di musim dingin," kata Bermagui kepada Newsweek, seperti dikutip detikINET, Senin (19/9/2022).

Dean Grubbs, Associate Director of Research Florida State University setuju dengan penilaian Bermagui. Menurutnya spesies hiu itu merupakan Centroscymnus owstoni, dan sering ditemukan di Teluk Meksiko dan Bahama di kedalaman 740-1.160 meter.

Christopher Lowe, profesor dan direktur California State University Long Beach Shark Lab, memiliki pendapat lain. Menurutnya spesies hiu itu adalah 'deepwater kitefin shark' yang sering ditemukan di perairan Australia.

"Itu terlihat seperti Dalatias lata; namun kami menemukan spesies hiu laut baru setiap saat dan banyak yang terlihat sangat mirip satu sama lain," kata Lowe.

Ilustrasi deepwater kitefin shark yang tersedia di situs Shark Research Institute memang terlihat sangat mirip seperti hiu misterius yang ditangkap oleh Bermagui, dengan mata besar, bibir yang tebal, dan moncong yang tumpul.

Shark Research Institute mengatakan spesies hiu ini sering ditemukan di dekat dasar lau di kedalaman sekitar 1.800 meter. Hiu ini banyak ditemukan di Samudera Atlantik, Hindia, dan Pasifik.



Simak Video "Penampakan Dua Hiu Tutul Mati di Pantai Wonocaki Pacitan"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT