Ada 'Kucing' di Mars?

ADVERTISEMENT

Ada 'Kucing' di Mars?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 16 Sep 2022 22:35 WIB
NASA/JPL-Caltech/ASU
Ada 'Kucing' di Mars? Foto: NASA/JPL-Caltech/ASU
Jakarta -

Wahana penjelajah Perseverance dari NASA menangkap gambar yang sekilas mirip kucing di Mars. Netizen pun dibuat geger karena fenomena pareidolia tersebut. Pareidolia adalah kejadian di mana otak memproses pesan dari mata secara salah, sehingga benda yang dilihat nampak seperti sesuatu yang akrab dengan kita.

Contoh pareidolia adalah buih pada kopi yang seperti menunjukkan wajah tersenyum, atau awan yang berbentuk kelinci dan lain sebagainya. Nah, pareidolia pun sering dialami ketika manusia sedang mengamati foto hasil penjelajahan di luar angkasa, seperti di Mars.

Pareidolia yang pernah terkenal di ruang angkasa adalah 'piramida di Mars' atau 'sepasang mata di ISS'. Piramida di Mars diperkirakan hanya hasil natural alam Mars, sementara sepasang mata di ISS ternyata hanya lampu yang ada.

Terbaru, adalah 'kucing' yang terlihat di atas Mars. Dengan segera, netizen mengomentari foto tangkapan Perseverance tersebut. Dari gambar itu, memang terlihat seakan-akan ada kucing yang sedang duduk menghadap belakang, memperlihatkan bagian bokongnya. Tapi jika diperhatikan dari sudut lain, itu hanyalah batu biasa di Mars.

Dikutip dari IFL Science, Jumat (16/9/2022) saat ini, Perseverance sedang meneliti soal data sungai purba jutaan tahun lalu di Mars. Sampelnya direncanakan akan dibawa pulang ke Bumi beberapa tahun mendatang.

Kalau menurut kamu, batu tersebut mirip kucing atau hal lainnya? Tulis di kolom komentar, ya.



Simak Video "Eksplorasi Mars Berujung Menyisakan Sampah Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT