Prank! Foto "Bintang" dari Teleskop James Webb Ini Ternyata Cuma Sosis

ADVERTISEMENT

Prank! Foto "Bintang" dari Teleskop James Webb Ini Ternyata Cuma Sosis

Rachmatunnisa - detikInet
Sabtu, 13 Agu 2022 18:18 WIB
Foto sosis diklaim hasil Teleskop Luar Angkasa James Webb
Foto
Jakarta -

Gambar-gambar menakjubkan galaksi yang sangat jauh hasil tangkapan Teleskop Luar Angkasa James Webb (James Webb Space Telescope/JWST), membuka cakrawala kita tentang alam semesta. Namun baru-baru ini, ada sebuah foto yang diklaim sebagai gambar bintang yang ternyata cuma foto sosis.

Pada 31 Juli, Direktur France's Alternative Energies and Atomic Energy Commission √Čtienne Klein, membagikan sebuah gambar yang diklaimnya diambil oleh JWST dari Proxima Centauri, bintang terdekat yang diketahui dari Matahari.

"Gambar ini diambil oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb," kata Klein kepada lebih dari 91 ribu followernya di Twitter.

"Tingkat sedetail ini, dunia baru terungkap setiap hari," ujarnya seperti dikutip detikINET dari akun Twitter @EtienneKlein. Ribuan orang me-retweet dan menyukai postingan tersebut.


Tapi beberapa hari kemudian, Klein mengatakan bahwa apa yang ia bagikan sebenarnya adalah foto sepotong chorizo atau sosis dengan latar belakang hitam.

"Mengingat ada banyak komentar, saya merasa berkewajiban untuk mengungkap bahwa tweet yang saya sebut gambar Proxima Centauri hanyalah lelucon," kata Klein.

Ia meminta maaf atas lelucon tersebut dan mengatakan tujuannya memposting gambar tersebut adalah untuk mengedukasi masyarakat tentang ancaman hoax dan betapa mudah orang menyebarkan berita palsu.

"Saya juga berpikir bahwa jika saya tidak mengatakan itu adalah foto dari James Webb, tweet tersebut tidak sukses menarik perhatian netizen," katanya.

Setelah membuat klarifikasi, Klein membagikan gambar terbaru yang sungguhan diambil JWST dari galaksi Cartwheel. Kali ini dia meyakinkan followernya bahwa foto itu asli hasil bidikan JWST.



Simak Video "Wujud Cermin Emas Teleskop Luar Angkasa James Webb"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT