Seekor Paus Beluga Terdampar, Prancis Upayakan Penyelamatan

ADVERTISEMENT

Seekor Paus Beluga Terdampar, Prancis Upayakan Penyelamatan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 07 Agu 2022 21:07 WIB
Paus Beluga
Paus Beluga. Foto: (Sea Life Trust)
Jakarta -

Terdamparnya seekor paus beluga di Sungai Seine membuat otoritas Perancis kalang kabut berusaha menyelamatkannya. Upaya terbaru adalah dengan memberi hewan raksasa itu injeksi vitamin.

Tim penyelamat berharap vitamin itu mampu memulihkan selera makan si paus dan energinya untuk bisa berenang kembali ke lautan bebas. Pasalnya, paus itu terindikasi saat ini mengalami malnutrisi dan juga susah makan.

Seperti dikutip detikINET dari BBC, paus itu pertama kali terdeteksi di Sungai Seine, sekitar 77 kilometer utara ibu kota Paris. Upaya untuk membantunya kembali ke lautan belum berhasil dan ilmuwan mencemaskan kesehatannya.

Tim penyelamat sudah memberikan ikan tapi paus sepanjang 4 meter itu terpantau tak mau memakannya. "Paus itu agak kurus dan punya masalah makan," kata salah satu tim penyelamat.

Dengan injeksi vitamin, si paus diharapkan mau makan lagi sebagai energi untuk berenang sejauh sekitar 160 kilometer dan kembali ke habitat aslinya di Arktik. Ada opsi untuk menariknya langsung ke lautan, akan tetapi dicemaskan kekuatannya belum cukup memadai untuk kembali ke samudera sehingga tinggi risikonya.

Si paus tampak tidak bersemangat, hanya sesekali muncul ke permukaan dan jarang bersuara seperti umumnya spesiesnya sehingga mungkin kesehatannya terganggu. Pakar sejauh ini masih bingung bagaimana ia bisa terdampar di situ, sementara habitat aslinya berada nun jauh di Arktik.

Memang paus beluga kadang-kadang berpindah untuk mencari makan ketika es di area tempat tinggalnya mulai terbentuk. Akan tetapi langka kejadiannya mereka berenang sangat jauh dari rumah, dalam kasus ini ke Perancis.



Simak Video "Geger Temuan Paus Terdampar di Jembrana"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT