Mengapa Kita Membenci Artis atau Tokoh Politik Tertentu?

ADVERTISEMENT

Mengapa Kita Membenci Artis atau Tokoh Politik Tertentu?

tim detikINET - detikInet
Senin, 01 Agu 2022 09:45 WIB
Ilustrasi perempuan sedih
Mengapa Kita Membenci Artis atau Tokoh Politik Tertentu? Foto: Getty Images/iStockphoto/bunditinay
Jakarta -

Mengapa seseorang bisa membenci tokoh politik atau artis tertentu? Ternyata ada alasan saintifik yang bisa menjelaskan perasaan tidak suka tersebut.

Menurut Jeffrey Brown profesor di Green State University, setiap artis atau tokoh memiliki nilai-nilai dan asumsi berdasarkan penilaian pribadi. Ketika kita tidak menyukai nilai tersebut, maka dengan mudah kita membenci orang itu.

Akan tetapi, Kaston Anderson-Carpenter, assistant professor psychology di Michigan State University, mengatakan bahwa karakteristik yang membuat kita membenci seseorang didapatkan dari dua karakteristik: eksternal dan internal. Eksternal contohnya ketenaran dan kekayaan, sedangkan internal seperti kepribadian yang berbeda.

"Dalam pikiran kolektif kita, kita menetapkan harapan tertentu (seringkali tidak realistis) tentang bagaimana selebritas harus berperilaku," kata Anderson-Carpenter sebagaimana mengutip USA Today.

"Dan ketika mereka tidak memenuhi harapan kita, kita cenderung menilai mereka lebih keras daripada menilai non-selebriti yang berperilaku sama," sambungnya.

Padahal, artis dan tokoh-tokoh lainnya adalah orang biasa. Mereka berbeda karena tersorot lampu kamera, tetapi setelah semua kamera dimatikan, dia sama seperti kita semua. Mereka juga manusia.

"Sebagian besar dari kita tidak tahu apa-apa tentang selebriti sebagai orang sungguhan. Bahkan ketika kita tahu banyak tentang kehidupan pribadi mereka, kita tidak mengenal mereka seperti kita mengenal orang yang benar-benar kita temui," tandasnya.



Simak Video "Kok Kamu Klepto Sih?"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT