Ditemukan Kepiting Langka Bergigi Manusia

ADVERTISEMENT

Ditemukan Kepiting Langka Bergigi Manusia

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 20 Jul 2022 07:45 WIB
Kepiting bergigi manusia
Ditemukan Kepiting Langka Bergigi Manusia. Foto: Roman Fedorstov
Jakarta -

Temuan seekor kepiting dengan "gigi" mirip manusia baru-baru ini diperlihatkan seorang fotografer. Ia membagikan gambar makhluk krustasea ini di Instagram dan ramai ditanggapi netizen.

Dalam foto yang diposting fotografer Roman Fedortsov, tampak kepiting yang keluar dari air memamerkan deretan empat giginya yang terlihat seperti gigi manusia.

Meski mengakui temuannya ini sedikit menyeramkan, kepiting bergigi manusia ini mendapat tersendiri sebagai portofolio karya fotonya.
Binatang laut dalam menjadi tema Fedortsov saat ia bertemu banyak subjek laut saat memotret di kapal pukat ikan di Rusia Barat. Selain ikan bergigi manusia, ada juga laba-laba laut, ikan serigala Atlantik, dan parasit pemakan mata.

Dikutip dari IFL Science, tak hanya kepiting langka ini yang punya gigi seperti manusia. Ilmu pengetahuan mencatat keberadaan ikan Sheepshead (Archosargus probatocephalus) yang terkenal dengan gigi mirip manusia. Gigi ini mereka gunakan untuk menggiling cangkang moluska dan krustasea.

Makhluk-makhluk ini tidak menimbulkan ancaman bagi manusia di alam liar. Namun mereka dapat menggunakan tiga baris gigi mereka untuk menggigit kembali saat berupaya melepaskan diri dari tangkapan manusia.

Sementara itu, munculnya gigi seperti manusia pada kepiting yang ditemukan ini, diperkirakan ahli merupakan hasil dari keausan alih-alih gnashers fungsional.



Simak Video "Main Sambil Belajar di Festival Flona Lapangan Banteng"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT