Ilmuwan: Messi 2 Kali Lebih Baik dari Cristiano Ronaldo

ADVERTISEMENT

Ilmuwan: Messi 2 Kali Lebih Baik dari Cristiano Ronaldo

Aisyah Kamaliah - detikInet
Minggu, 17 Jul 2022 22:32 WIB
Nominees for the Best FIFA football player, Barcelona and Argentina forward Lionel Messi (R) and Real Madrid and Portugal forward Cristiano Ronaldo (L) chat before taking their seats for The Best FIFA Football Awards ceremony, on October 23, 2017 in London. / AFP PHOTO / Ben STANSALL        (Photo credit should read BEN STANSALL/AFP via Getty Images)
Studi Ilmiah: Messi 2 Kali Lebih Baik dari Cristiano Ronaldo (Foto: AFP via Getty Images/AFP Contributor)
Jakarta -

Lionel Messi sering dibandingkan dengan Cristiano Ronaldo, sekalipun keduanya juga sudah tidak lagi satu liga. Tapi sebuah riset pernah menyebut bahwa Messi dua kali lebih baik dibanding Cristiano Ronaldo.

Ini adalah riset dari SciSports berkolaborasi dengan Universidad Católica di Leuven, Belgia. Diungkap, pemain asal Argentina itu dua kali lebih baik dibandingkan CR7.

"Nilai dari seorang pemain sering dipatok dari segi gol dan assist. Gol sebenarnya kejadian langka, soalnya rata-rata ada 1.600 kejadian di sebuah pertandingan," kata Prof Jesse Davis.

Untuk riset ini, peneliti mengambil berbagai model aksi seperti shot, passes, dribble, dan tackle. Performa ini diamati dari penampilan mereka 2013-2018.

Hasilnya, Messi lebih tinggi dengan mencetak angka 1,21 sedangkan Ronaldo mencetak 0,61. Yang menarik, periode yang diteliti ini merupakan waktu paling sukses pemain asal Portugal ini bersama Madrid. Mereka menjuarai empat Liga Champions dan secara pribadi, Ronaldo memenangkan empat Ballon d'Or. Dalam periode yang sama, Messi memenangkan masing-masing satu kemenangan.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa Messi lebih banyak bermain dengan bola, menghasilkan lebih banyak peluang dan memiliki lebih banyak efek pada hasil pertandingan daripada Ronaldo.

Tetapi dalam sepakbola, ada hal-hal lain yang lebih dari sekadar angka. Ada seni, semangat dan aspek lainnya yang bisa menentukan seseorang menjadi jawara di hati tiap pecinta sepakbola.

Kalau kamu bagaimana, detikers? Apakah kamu setuju dengan hasil penelitian ilmuwan ini atau ada pemikiran lain? Coba sampaikan pendapat kamu di kolom komentar ya!



Simak Video "Potret Cristiano Ronaldo Gendong Putrinya yang Baru Lahir"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT