5 Prediksi Mengejutkan Wujud Manusia 1.000 Tahun Mendatang

ADVERTISEMENT

5 Prediksi Mengejutkan Wujud Manusia 1.000 Tahun Mendatang

Tim - detikInet
Kamis, 14 Jul 2022 14:45 WIB
Artifisial Intelijen mencapai tahap baru pengembangannya. Perusahaan di China kembangkan sebuah boneka dengan berbagai kemampuan yang canggih layaknya manusia.
Ilustrasi. Foto: Dok
Jakarta -

Seiring perkembangan zaman, manusia terus berandai mengenai bentuk kehidupan mereka di masa depan. Di awal 1900-an, manusia cenderung memprediksi masa depan dengan kecanggihan dan menjamurnya robot serta mobil terbang, yang sudah mendekati kenyataan.

Sedangkan dalam beberapa tahun terakhir evolusi manusia itu sendiri yang seakan menjadi sorotan utama dalam membayangkan kehidupan di masa depan, mulai dari bentuk fisik hingga gen di dalamnya.

Berikut lima prediksi terhadap evolusi manusia dalam seribu tahun mendatang, seperti dilansir detikINET dari Business Insider.

1. Menjadi Lebih Tinggi

Selama sekitar 130 tahun terakhir, tubuh manusia cenderung mengalami peningkatan terhadap tinggi badan. Pada 1880, rata-rata tinggi masyarakat pria di dataran Amerika berada di kisaran 170 cm.

Sedangkan pada saat ini, rata-rata tinggi penduduk laki-laki di tempat yang sama sudah hampir mencapai 180 cm. Jika dihitung secara kasar, maka dalam seribu tahun mendatang rataan tinggi manusia dapat menyentuh angka 2,5 m.

2. Cyborg

Tubuh manusia sangat mungkin disusupi berbagai teknologi untuk meningkatkan kemampuan indera dan kesehatan. Salah satu contohnya, tim dari University of Oregon tengah mengembangkan mata bionik yang memungkinkan para penderita tuna netra untuk melihat.

Berkaca pada hal tersebut, bukan tidak mungkin akan ada teknologi yang membuat manusia untuk melihat layaknya memiliki 'fitur' infrared dan x-ray di dalam mata bioniknya.

3. Mutan

Layaknya karakter di komik X-Men, manusia dapat menjadi mutan di masa depan. Meski tidak akan menjadi sekuat Wolverine, perubahan DNA dalam proses mutasi tersebut dapat membuat manusia 'kebal' terhadap berbagai penyakit dengan alat penyunting gen seperti CRISPR.

Studi yang dilakukan oleh University of Oxford terhadap sekelompok anak terinfeksi HIV di Afrika Selatan menunjukkan bahwa mereka dapat hidup secara sehat dan normal lewat pertahanan dalam gen mereka sehingga mencegah virus tersebut berkembang menjadi AIDS.

Halaman selanjutnya, menjadi alien>>>

Simak juga Video: Canggih! Kulit Elektronik Robot Ini Bisa Merasakan Sakit

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT