Kejadian yang Berpotensi Bikin Tata Surya Kiamat

Kejadian yang Berpotensi Bikin Tata Surya Kiamat

Sabtu, 09 Jul 2022 05:40 WIB
gerhana bulan dan planet tata surya
Kalau Orbit Neptunus Geser, Tata Surya Bisa Kacau. Foto: NASA

Seberapa stabil Tata Surya? Dalam istilah relatif manusia dan sejarah, Tata Surya cukup stabil. Namun, pengaruh gravitasi kecil saja, dapat menyebabkan efek dramatis karena kekacauan dan sifat kompleks dari kekuatan yang terlibat. Peneliti memberikan gambaran seberapa mudah Tata Surya dapat terganggu, dan penjelasannya menarik.

Tata Surya bisa terancam kacau, bahkan seperti kiamat, "hanya" dengan jarak rata-rata antara Neptunus dan Matahari diubah sebesar 0,1%. Ini akan membuat kemungkinan Tata Surya kacau sepuluh kali lebih tinggi

Dikutip dari IFL Science, penjelasan ini diterima untuk dipublikasikan di Monthly Notices of the Royal Astronomical Society dan dapat dibaca di ArXiv.

Salah satu kemungkinan titik awal ketidakstabilan Tata Surya adalah planet terkecil, Merkurius. Perihelion (titik terdekat pada orbit planet mengelilingi Matahari) Merkurius bergerak sekitar 1,5 derajat setiap 1.000 tahun, tingkat yang sangat dekat dengan Jupiter.

Jika keduanya jatuh sinkron - resonansi - ada kemungkinan satu persen bahwa Merkurius akan ditarik keluar dari orbit dan dikeluarkan dari Tata Surya atau bertabrakan dengan Venus, Matahari, atau bahkan Bumi selama tiga tahun berikutnya sampai empat miliar tahun.

Membiarkan segala sesuatunya berevolusi secara alami itu baik dan bagus, tetapi mungkin ada cara untuk menciptakan ketidakstabilan seperti itu dan mengacaukan Tata Surya.

Para ilmuwan membayangkan bintang yang lewat agak terlalu dekat. Merkurius terlalu dekat dengan Matahari untuk merasakannya, tetapi Neptunus akan merasakannya, dan gangguan akan menyebar ke seluruh Tata Surya.

Efek dari gangguan 0,1%, setara dengan 4,5 juta kilometer di poros semi-utama Neptunus, bisa menyebar ke Bumi dan Mars hanya dalam 20 juta tahun. Gangguan 10%, bisa berarti malapetaka bagi Bumi kita dan si Planet Merah.

Dalam penelitian ini, tim menjalankan 2.880 simulasi, dan 960 di antaranya memiliki gangguan yang terlalu kecil untuk diukur. Namun, dalam empat di antaranya, Merkurius menabrak Venus.

Tidak semua kematian dan kehancuran terjadi di 1.920 model lainnya, tetapi ada 26 yang berakhir dengan kekacauan yang terjadi. Banyak tabrakan antara Merkurius dan Venus, satu dengan Bumi dan Mars, saling menabrak, dan beberapa tempat Uranus, Neptunus, atau Merkuri dibuang sepenuhnya.

Tim juga memperkirakan peluang sebuah bintang cukup dekat untuk menyebabkan semua itu dan kita tak perlu khawatir mengetahui bahwa hanya ada sekitar 20 peluang selama 100 miliar tahun ke depan.

Saksikan juga: Bocil - bocil dengan Outfit Maksimal Tampil di 'Citayam Fashion Week'