Teror 100 Ribu Ular Python di Amerika

ADVERTISEMENT

Teror 100 Ribu Ular Python di Amerika

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 23 Jun 2022 08:45 WIB
Reticulated python snakes are known to be the longest in the world. (Roslan Rahman/AFP/Getty Images)
Ular python. Foto: Roslan Rahman/AFP/Getty Images
Florida -

Ular python telah menjadi masalah besar di negara bagian Florida, Amerika Serikat. Jumlah mereka begitu banyak dan menjadi hama sehingga bikin pusing pemerintah setempat.

Bahkan sebagai usaha menurunkan populasi ular ukuran raksasa itu, akan diselenggarakan event Python Challenge dari tanggal 5-14 Agustus 2022 mendatang, di mana penduduk bisa berburu python dengan iming-iming hadiah uang.

Diperkirakan, event itu akan membuat ratusan bahkan ribuan python terbunuh. Akan tetapi, dampaknya dinilai tidak akan signifikan saking banyak jumlahnya.

"Kehadiran hama phyton di rawa Everglades telah menjadi bencana ekologi dan harus ditangani. Perburuan itu akan membantu, namun mungkin hanya sampai di puncak gunung es," kata pakar hewan Dale R Jackson yang dikutip detikINET dari Newsweek, Rabu (22/6/2022).

Python Burma di Florida ini adalah asli berasal dari Asia Tenggara. Populasinya meledak dimulai pada saat tahun 1990-an, banyak python masuk Amerika Serikat dari perdagangan satwa.

Populasinya terus bertambah lantaran tidak ada predator alami di Florida. Ular python yang bisa tumbuh sampai sepanjang 7 meter ini juga cepat berkembang biak karena telurnya sangat banyak. Jumlah populasinya belum dapat dipastikan, tapi diperkirakan sekitar 100 ribu ekor.

Python itu merusak ekosistem lokal dan memangsa satwa setempat sehingga jumlahnya anjlok. Metode untuk menurunkan populasi python belum ada yang efektif. Adapun warga bisa membunuhnya tanpa perlu izin.

Sejak tahun 2013, diadakan event berburu python sebagai usaha menekan pertambahan ular itu. Selama 10 hari, partisipan memburu python sebanyak mungkin dengan hadiah uang diberikan pada mereka yang menangkap ular paling banyak, paling besar atau paling panjang.

Adapun senjata api dilarang dalam event ini dalam rangka membunuh python dengan pantas. Ular python harus dibuat pingsan, kemudian ada alat untuk merusak otaknya sampai ular itu tewas.



Simak Video "Waduh! Puluhan Hektare Tanaman Cabai di Purwakarta Diserang Hama Patek"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT