Geger Thread Twitter Sebut Ada AI Ciptakan Bahasa Sendiri

ADVERTISEMENT

Geger Thread Twitter Sebut Ada AI Ciptakan Bahasa Sendiri

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 08 Jun 2022 11:32 WIB
Ilustrasi AI
Thread Twitter Sebut Sebuah AI Berkembang Punya Bahasa Sendiri. Foto: Istimewa
Jakarta -

Sebuah thread di Twitter menuliskan hal menggemparkan. Tweet dari @giannis_daras menyatakan bahwa ada artificial intelligence (AI) yang mengembangkan bahasa rahasia alias bahasanya sendiri.

"DALLE-2 punya bahasa rahasia, 'Apoploe vesrreaitais' artinya burung. 'Contarra ccetnxniams luryca tanniounons' artinya serangga atau hama," begitu cuplikan thread tersebut.

Para peneliti menyimpulkan DALLE 2 menganggap Vicootes berarti 'sayuran', sedangkan Wa ch zod rea mengacu pada 'makhluk laut yang bisa dimakan paus'.

Jadi apa yang sebenarnya terjadi? Apakah benar AI DALLE-2 memiliki bahasa sendiri?

Science Alert memberitakan seperti dilihat Rabu (8/6/2022) bahwa mereka lebih meyakini ini bukanlah bahasa baru AI. Kemungkinan bahasa 'asal' yang digunakan AI adalah kata yang diambil dari sekian banyaknya bahasa yang ia pelajari. Contohnya, 'Apoploe' yang bisa jadi diambil dari Bahasa Latin Apodidae yang adalah nama family dari spesies burung. Apalagi, DALLE-2 memang tidak hanya belajar Bahasa Inggris.

Seorang netizen juga beranggapan bahwa yang terjadi adalah tokenizer effect. Diketahui bahwa AI memproses bahasa tidak seperti manusia, mereka akan memecah teks menjadi 'token-token' sebelum diproses.

DALL-E 2 menggunakan pendekatan yang disebut byte-pair encoding (BPE). Dengan mempelajari representasi BPE untuk beberapa kata 'rahasia', ini bisa menjadi petunjuk penting dalam memahami 'bahasa rahasia' AI.



Simak Video "China Bakal Bangun Bendungan Menggunakan Printer 3D"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT