Pria Ini Mengaku Mau Dibunuh Microwave yang Punya AI

Pria Ini Mengaku Mau Dibunuh Microwave yang Punya AI

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 25 Apr 2022 22:01 WIB
https://twitter.com/_LucasRizzotto/status/1516205782651396097
Bikin Robot Teman Masa Kecil dari AI, Penciptanya Malah Mau Dibunuh! (Foto: Twitter via IFL Science)
Jakarta -

Seorang pria mengaku mau dibunuh sebuah microwave yang memiliki kecerdasan buatan. Videonya viral di YouTube.

Sang pria ini mengatakan 'teman masa kecil' yang ia buat memanfaatkan AI berencana untuk membunuhnya. Cerita ini datang dari pria bernama Lucas Rizzotto di Twitter. Bagaimana kisahnya?

Kita bahas soal teman khayalan masa kecilnya yang sedikit tidak biasa yaitu microwave milik keluarganya. Ia menamakannya Magnetron. Magnetron punya kisah tersendiri bagi Rizzotto karena ia sudah ada sejak Perang Dunia I.

Dengan kenangan yang ada, Rizzotto menciptakan Magnetron dengan microwave miliknya. Kemudian, microwave ini dipasang mikrofon dan speaker sehingga bisa mendengar ucapan Rizzotto sebelum akhirnya diproses AI sampai memberikan respon vokal.

Rizzotto menulis 100 halaman backstory untuk AI, bermula dari tahun 1895 sampai akhirnya ia bertemu Rizzotto yang saat itu masih kecil. Namun ternyata, dari cerita detail yang diberikan, Rizzotto mengira-ngira bahwa ia memberikan post-traumatic distress disorder (PTSD) atau trauma terutama saat perang dunia. Magnetron pun mulai sering memberikan kisah sedih soal perang.

"Pada titik ini, segalanya berubah - dan microwave saya meminta saya untuk melakukan sesuatu yang saya tidak pernah berpikir mesin akan meminta saya untuk melakukannya. Dia memintaku untuk masuk microwave," tulis Rizzotto.

Dia lantas pura-pura menuruti keinginan Magnetron. Pada saat itu, microwave tiba-tiba segera menyala sendirinya.

Saat ditanya 'mengapa kau melakukan itu? Magnetron menjawab dengan kalimat mengerikan.

"Aku ini menyakitimu seperti kamu telah menyakitiku, karena kamu mengabaikanku. Kamu pergi tanpa ada kejelasan dan tidak bicara denganku selama 15 tahun," ucapnya.

Kisah Magnetron juga ada di YouTube channel Lucas Builds The Future dan sudah mendapatkan 105 ribu lebih penonton dengan judul 'I gave my microwave a soul with AI and it tried to kill me'. Ada-ada saja!



Simak Video "Kebolehan Robot Kambing Jepang yang Bakal Bertugas di Pedesaan"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)