Multiverse dan Surat Al Fatihah

Eureka!

Multiverse dan Surat Al Fatihah

Tim - detikInet
Kamis, 26 Mei 2022 06:30 WIB
Multiverse
Ilustrasi multiverse (Foto: UNSW)
Jakarta -

Multiverse menjadi salah satu teori fisika yang sangat populer saat ini. Apakah Multiverse ada dalam kitab suci Al Qur'an?

Hipotesis multiverse adalah adanya dunia kembaran atau salinan dari dunia kita di universe lainnya. Di dunia ini, manusia percaya Tuhan mengatur segala sesuatunya.

Pertanyaannya, apakah di dalam agama juga membahas keberadaan multiverse? Dosen Fisika Universitas Indonesia, Handhika Satrio Ramadhan Ph.D, dalam talkshow 'Eureka! Edisi 5: Multiverse', Senin (23/5/2022), memberikan pandangannya.

Sebagai seorang muslim dan ilmuwan, ia mencoba memberikan komentarnya dari pertanyaan salah satu pembaca detikcom. Handhika menegaskan posisinya adalah ilmuwan dan bukan pakar agama, namun menurut komunitas ilmuwan ada yang menarik dari Surat Al Fatihah.

"Kalau kita baca 'Alhamdulillahi rabbil 'aalamiin' itu kan terjemahannya segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Rabbil 'aalamiin kalau kita terjemahkan (dalam bahasa Inggris-red) itu artinya 'Lord of the Universes', itu ada jamak di situ. Mungkin itu semacam hint bahwa memang ada multiverse," sambungnya.

Kata 'Alamiin memang bermakna jamak. Namun, untuk lebih pasti soal maknanya, Handhika menyarankan untuk bertanya langsung kepada ahli Al Qur'an.

"Mungkin yang lebih kompeten bisa menjawab dengan lebih baik," ucapnya.

Multiverse menjadi salah satu teori fisika yang banyak dibahas belakangan ini. Ini lantaran tema multiverse diangkat ke film Hollywood seperti 'Spider-Man: No Way Home' atau 'Dr Strange in the Multiverse of Madness', juga dibahas mengenai teori ini.

Sejauh ini, multiverse masih menjadi misteri bagi semua orang. Kalau detikers, apakah percaya multiverse itu ada?

[Gambas:Youtube]



(ask/fay)