Teori Konspirasi Sebut Elvis Presley Masih Hidup di Universe Lain

Eureka!

Teori Konspirasi Sebut Elvis Presley Masih Hidup di Universe Lain

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 24 Mei 2022 22:02 WIB
044629 45: Singer Elvis Presley poses for a studio portrait. (Photo by Liaison)
Foto: Elvis Presley (Getty Images/Getty Images)
Jakarta -

Elvis Presley sudah meninggal sejak 45 tahun silam. Namun beberapa penggemar King of Rock and Roll di era 50-60an ini, ada yang berteori dan menganggapnya masih hidup. Salah satu teorinya, dihubung-hubungkan dengan multiverse.

Konspirasi ini sempat disinggung saat membahas tentang multiverse, dalam live streaming Eureka! edisi "Menguak Misteri Universe" dengan nara sumber dosen fisika dari Universitas Indonesia, Handhika Satrio Ramadhan, Ph.D.

Handhika menjawab pertanyaan detikers yang berandai-andai jika multiverse sungguh ada, apakah isinya sama seperti dunia yang kita tinggali, dan ada diri kita di dalam versi universe lain.

"Universe di masing-masing bubble, hukum fisikanya tidak harus sama. Ada yang masa elektronnya lebih besar atau kecil, dibandingkan universe tempat kita hidup, dan lain sebagainya. Konsekuensi yang menjadi bubble-bubble universe ini tidak harus memiliki hukum fisika yang sama dengan kita," Handhika mencontohkan.

Disebutkan olehnya, tiap-tiap universe sangat heterogen. Ada yang mirip seperti tempat kita tinggal, ada yang terus mengalami pengembangan, ada yang terbentuk galaksi atau planet tapi tidak mendukung kehidupan, dan lain sebagainya.

"Apakah ada copy of ourselves di multiverse lain? Jawabannya practically mungkin iya karena mekanika kuantum bahwa ada tak terhingga universe yang muncul, ada keadaan tak terhingga untuk partikel tinggal, ada kemungkinan universe lebih dari satu di mana ada kita yang sama," ujarnya.

Kita pada versi universe lain, lanjutnya, bisa jadi memiliki keluarga yang sama, negara yang sama. Mungkin ada juga kita di universe lain dengan sejarah berbeda.

"Seperti dikatakan oleh profesor saya, ada universe di mana Elvis (Presley) masih hidup. Jadi secara prinsip memungkinkan," sebutnya.

Konspirasi bahwa Elvis Presley masih hidup di alam semesta paralel bukanlah sesuatu yang baru. Ada sekelompok orang yang memang meyakininya, dan ini kerap dijadikan pengandaian berkaitan dengan dunia multiverse.

Gagasan bahwa alam semesta yang kita tinggali mungkin bukan satu-satunya, pertama kali diusulkan oleh Hugh Everett pada tahun 1957. Teori ini mencoba memahami bagaimana menentukan lokasi partikel seperti elektron, karena mereka tampak berada di lebih dari satu tempat pada satu waktu.

Salah satu penjelasannya adalah bahwa partikel tidak hanya ada di alam semesta kita, mereka juga muncul di alam semesta lain. Dan ada jumlah tak terbatas dari alam semesta paralel ini, semuanya sedikit berbeda.

Secara teori, ini berarti mungkin ada alam semesta paralel di mana dinosaurus tidak punah, tempat di mana kita tidak pernah dilahirkan, atau di mana Elvis Presley masih hidup.

[Gambas:Youtube]



(rns/rns)