Mungkinkah Bertemu Diri Kita yang Lain di Multiverse?

Eureka!

Mungkinkah Bertemu Diri Kita yang Lain di Multiverse?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 25 Mei 2022 16:20 WIB
Cuplikan adegan di film Spider-Man: No Way Home.
3 Spider-Man dari universe berbeda (Foto: Dok. Sony Pictures)
Jakarta -

Teori multiverse sedang populer di kalangan ilmuwan maupun awam. Terlebih sedang hits film-film fiksi ilmiah soal itu, contohnya 'Spider-Man: No Way Home' atau 'Dr Strange in the Multiverse of Madness'.

Di film Marvel, kita ambil contoh, ada cerita unik di mana Peter Parker dari tiga film Spider-Man berkumpul dan menceritakan kisah masing-masing yang ternyata memiliki perbedaan. Nah, di dunia nyata, mungkin tidak ya kita bisa bertemu dengan alternate version diri kita di multiverse lain?

Di acara 'Eureka! Edisi 5: Misteri Multiverse', Senin (23/5/2022), Handhika Satrio Ramadhan, Ph.D, Dosen Fisika Universitas Indonesia memberikan pendapatnya soal kemungkinan itu. "Saya agak pesimis ya," kata Handhika.

"Bagi saya di model-model universe yang menurut saya paling serius, multiverse seperti saya sebutkan sebelumnya, itu konsekuesi dari eternal inflation. Di model tersebut, kita tidak bisa melakukan lintas universe," lanjut pria yang mengambil S2 dan S3 di Tufts University.

Demikian pula, kita kemungkinan besar tidak bisa mengamati keberadaan universe lain, dalam artian mengindranya. Kendati demikian, apabila untuk mengamati secara tidak langsung, menurut Handhika kemungkinan ini masih terbuka.

"Saat ini para fisikawan yang meneliti dan mengkaji secara serius multiverse, mereka masih bergelut bekerja keras untuk menyodorkan cara maupun gagasan bagaimana mengobservasi multiverse-multiverse tersebut secara tidak langsung," jabarnya.

Itu bisa saja dilakukan dengan mengumpulkan data dari berbagai penelitian, misalnya dari Cosmic Microwave Background (CMB) Radiation atau menggunakan teleskop James Webbs yang baru diluncurkan Desember 2021.

Untuk detail data yang diambil, Handhika mengaku tidak mengetahui secara pasti karena tidak terlibat erat dengan isu multiverse.

"Itu yang menarik, meski kita tidak bisa mengobservasi multiverse secara langsung, tapi ketika bubble-bubble universe ini mengembang, ada kemungkinan satu bubble universe yang colide dengan yang lain. Ketika itu pecah, itu akan melepas energi yang sangat besar. Itu bisa kita lihat dari dataCosmic Microwave Background atau dari data yang diambil dari teleskop-teleskop terkini," tandasnya.

[Gambas:Youtube]



(ask/fyk)