Warga Inggris Takut Lihat Banyak Ikan Mas Bermunculan

Warga Inggris Takut Lihat Banyak Ikan Mas Bermunculan

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 26 Mei 2022 05:45 WIB
Ikan Mas Raksasa
Foto: Twitter
Jakarta -

Di Indonesia, ikan mas begitu digemari untuk dimakan atau jadi peliharaan. Tapi di negara lain, salah satunya Inggris, ikan mas ditakuti warganya.

Ikan ini mungkin terlihat polos dan lucu, namun mereka punya nafsu makan rakus, toleransi terhadap suhu dingin, dan senang bepergian ke sana ke mari. Itu sebabnya ikan mas oleh orang Inggris dianggap dapat menjadi bencana besar bagi satwa liar setempat.

Penelitian baru di Inggris menunjukkan, ikan mas mengkonsumsi lebih banyak makanan dibandingkan ikan dengan jenis hampir sama di perairan Inggris. Ikan ini makan lebih banyak daripada ikan invasif lainnya, juga lebih agresif mengambil spesies pesaing lainnya.

Menurut Dr James Dickey dari Queen's University Belfast, penulis utama riset tersebut, itu berarti ikan mas menimbulkan ancaman tiga kali lipat.

"Sementara iklim Eropa utara sering menjadi penghalang bagi spesies non-asli yang bertahan hidup di alam liar, ikan mas diketahui toleran terhadap kondisi seperti itu dan dapat menimbulkan ancaman nyata bagi keanekaragaman hayati asli di sungai dan danau, memakan sumber daya yang bergantung pada spesies lain," ujarnya seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (26/5/2022).

Studi ini tidak mengungkap apakah kemunculan lebih banyak ikan mas di alam liar diakibatkan banyak pemilik hewan peliharaan yang membeli ikan mas selama masa lockdown pandemi, lalu melepaskannya begitu saja ke sungai.

"Penelitian kami tidak fokus pada kemungkinan masalah ini menjadi lebih buruk sejak lockdown pandemi COVID-19. Namun ada alasan untuk percaya bahwa ini, atau setidaknya akan terjadi. Ikan mas berisiko tinggi dan membatasi ketersediaan spesies," kata Dickey.

Selain Inggris, negara lain yang juga dibuat ketakutan dan repot akan kehadiran ikan mas adalah Kanada dan Amerika Serikat. Ikan mas dikategorikan sebagai spesies invasif atau hama di alam liar oleh para ilmuwan sehingga populasinya dalam jumlah besar terkadang bikin cemas. Apalagi ikan mas bisa tumbuh sangat besar.

Memang nih, lain padang lain belalang. Di Indonesia, ikan mas sebanyak itu pasti sudah jadi santapan.



Simak Video "Aksi Ikan Mas Dilatih 'Nyetir' Robot Akuarium di Israel"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)