Seram, Fenomena Ikan Mas Jadi 'Mutan'

ADVERTISEMENT

Seram, Fenomena Ikan Mas Jadi 'Mutan'

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 29 Mar 2022 18:45 WIB
Ikan mas invasif
Foto: Twitter @FishOceansCAN
Jakarta -

Kanada memiliki masalah serius terkait ikan mas koki. Akun Fisheries and Oceans Canada pada November 2021 membagikan serangkai tweet yang menampilkan ikan mas koki super besar yang ditemukan di Hamilton Harbour.

Ikan tersebut, kata akun itu, adalah hasil dari ikan mas peliharaan yang dilepaskan ke perairan di wilayah tersebut, sehingga menciptakan spesies invasif yang dapat memusnahkan spesies ikan asli lainnya.

Dikutip dari BGR, ikan mas adalah ikan yang cerdas dan mungkin tampak seperti ikan yang tidak berbahaya. Tetapi mereka dapat merusak alam jika dilepaskan di tempat yang salah.

Meskipun ukurannya tetap kecil di dalam tangki yang digunakan untuk menampung mereka di penangkaran, ikan mas sebenarnya bisa terus tumbuh sepanjang hidup mereka. Dan jika kondisinya tepat, mereka bisa tumbuh menjadi makhluk besar yang menggembung.

Ketika ditempatkan di dalam tangki, ikan mas menjadi stres karena kandangnya yang kecil. Ini membantu menghambat pertumbuhan mereka, menjaga mereka agar tetap berukuran lebih kecil. Tetapi ketika diletakkan dalam kondisi yang tepat dan diberi akses ke sumber daya yang tepat, ikan mas bisa menjadi jauh lebih besar dari ukuran normalnya sehingga tampak seperti makhluk mutan seperti di film-film fiksi ilmiah.

"Ini menjadi masalah karena orang sering membuang ikan mas ke alam liar di saluran air dan lingkungan yang biasanya menampung spesies ikan lain. Itulah yang terjadi di Kanada," kata Fisheries and Oceans Canada.

Ikan mas yang memiliki akses ke sumber makanan yang melimpah, mulai mengambil alih lokasi pemijahan utama untuk ikan seperti Northern Pike. Dalam serangkaian gambar yang dibagikan di Twitter-nya, Fisheries and Oceans Canada menunjukkan seberapa besar ikan mas yang berubah menjadi raksasa tersebut.



Ikan super besar seperti ini mampu bertahan dalam kondisi ekstrem seperti kadar oksigen yang rendah di dalam air. Suhu di kolam ini juga bisa lebih dari 30 derajat Celcius. Para ilmuwan khawatir perubahan iklim akan menurunkan kadar oksigen di dalam air lebih banyak. Ini akan memungkinkan ikan mas untuk menyalip spesies asli yang hidup di lingkungan tersebut.

Ikan mas, terutama ikan mas berukuran super, bisa menjadi pemakan yang rakus. Mereka bisa merobek tanaman dengan cukup cepat sehingga berdampak pula pada kerusakan tanaman air di sekitarnya.

Selain itu, ikan mas raksasa tak hanya menurunkan sumber daya yang tersedia untuk spesies ikan lain, tetapi juga mengeluarkan sedimen yang menutupi air. Air keruh akan mempersulit sinar Matahari masuk untu menyinari tanaman di dasar tambak. Alhasil, dalam jangka panjang hal ini pun akan menyebabkan pasokan makanan berkurang.



Simak Video "Spesies Burung Baru Ditemukan di Pulau Selatan Chili"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT