Kanada Pusing Ledakan Populasi Ikan Mas Asia dan Cari Solusi

Kanada Pusing Ledakan Populasi Ikan Mas Asia dan Cari Solusi

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 19 Mei 2022 20:18 WIB
Ikan Mas Raksasa
Ikan mas. Foto: Fisheries and Oceans Canada
Kanada -

Ikan mas mulai dianggap masalah besar di beberapa wilayah di Kanada. Pasalnya, ikan yang habitat aslinya di Asia ini semakin meledak populasinya. Pemerintah maupun pemerhati lingkungan pun kebingungan dan sedang mencari solusi untuk menanggulanginya tanpa harus membahayakan spesies asli.

Di Kota Ontario, terpantau ada banyak kolam diisi oleh ribuan ikan mas yang dianggap hama berbahaya karena memangsa spesies lokal dan merusak habitatnya. Di Danau Great Lake, jumlah ikan mas telah melonjak sejak tahun 2015, menurut pakar ekologi Jennifer Bowman dari Royal Botanical Gardens.

"Semakin bertambah buruk saja saat ini. Ikan mas ini sangat sukses jika mereka bersama-sama. Beberapa ikan mas di kolam bisa menjadi ribuan jumlahnya pada tahun depan," katanya, seperti dikutip detikINET dari CBC, Kamis (19/5/2022).

Untuk menanggulanginya dengan aman, saat ini sedang dirumuskan beberapa cara. Solusinya termasuk dengan menurunkan level kedalaman air atau menggunakan bahan kimia tertentu.

Namun pemakaian bahan kimia bisa membunuh seluruh spesies yang ada di perairan, bukan hanya ikan mas. Jika langkah semacam itu ditempuh, maka harus ditambahkan lagi spesies asli di perairan yang disasar.

Brydon Rodd selaku pakar biologi setempat, menyebut bahwa bisa juga ikan mas ditangkap satu per satu, namun jelas besar usaha yang harus dikerahkan. "Akan menjadi operasi besar. Dibutuhkan banyak orang dan juga akan sangat mahal biayanya," kata dia.

Langkah pencegahan juga dipandang perlu untuk digalakkan. Misalnya gencar memberikan edukasi agar para warga tidak sembarangan melepaskan ikan mas peliharaan ke danau atau sungai karena membahayakan lingkungan.



Simak Video "Aksi Ikan Mas Dilatih 'Nyetir' Robot Akuarium di Israel"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)