Di Indonesia Dimakan, Ikan Mas Malah Bikin Takut Kanada

Di Indonesia Dimakan, Ikan Mas Malah Bikin Takut Kanada

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 19 Mei 2022 05:45 WIB
Ikan Mas Raksasa
Ikan mas di Kanada. Foto: Fisheries and Oceans Canada
Ontario, Kanada -

Di berbagai negara termasuk Kanada, ikan mas dianggap sebagai hewan hama yang cukup berbahaya, apalagi jika jumlahnya besar. Maka ledakan populasi ikan mas di sana dianggap mencemaskan.

Di Kota Ontario, populasi ikan mas bisa dikatakan terus meroket. Fotografer Andrew Murray berkisah bahwa saat kecil, dia memang sering melihat ikan mas hidup di kolam, tapi jumlahnya tidak begitu tinggi.

Nah belum lama ini, ia menjepret beberapa kolam dan menyadari jumlah ikan mas di sana ternyata sangat banyak. "Ketika aku melihatnya di komputer, jelas bahwa ada ribuan dan ribuan lagi ikan mas," katanya seperti dikutip detikINET dari CBC, Kamis (19/5/2022).

Periset dari University of Toronto menyatakan memang banyak kolam di seluruh provinsi itu menjadi lahan berkembang biak ikan mas. Kolam itu awalnya sebagai sistem anti banjir.

"Mereka ini hewan invasif super. Apa yang kita saksikan adalah pertambahan cepat ikan mas di seluruh Ontario Selatan dan faktanya, malah di seluruh Kanada," ucap Profesor Nicholas Mandrak, ilmuwan setempat.

Ikan mas dinilai menjadi hama paling menyebar saat ini di kawasan Amerika Utara. Salah satu sebabnya, orang-orang menganggapnya tidak berbahaya dan dengan entengnya dilepaskan.

"Orang yang membuang ikan mas ke kolam urban mungkin berpikir mereka melakukan hal baik, tidak membunuhnya. Padahal seharusnya tidak ada ikan di kolam itu," tandasnya.

Lihat juga video 'Penampakan Ikan Patin Sebesar Kambing yang Didapat di Danau Lido Bogor':

[Gambas:Video 20detik]



Halaman selanjutnya, faktor perubahan iklim>>>