Gokil! Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia Beratnya Tembus 2 Ton

Gokil! Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia Beratnya Tembus 2 Ton

ADVERTISEMENT

Gokil! Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia Beratnya Tembus 2 Ton

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 31 Mei 2021 08:51 WIB
sturgeon beluga
Foto: dok Wikipedia
Jakarta -

Butuh tiga ahli biologi untuk mengangkut ikan sturgeon monster seberat 109 kg dari sungai Detroit di Michigan bulan lalu. Meskipun dipercaya sebagai salah satu yang terbesar yang pernah ditangkap di AS, ada ikan yang jauh lebih besar yang berenang di sungai di seluruh dunia, beratnya bahkan mencapai 2 ton.

Menurut Survei Geologi AS, ikan air tawar terbesar di planet ini adalah sturgeon beluga (Huso huso), yang hidup di Laut Hitam, Azov, dan Kaspia. Sturgeon beluga dapat mencapai panjang maksimum lebih 8 meter dan berat hingga 2,2 ton.

Mengacu pada riset International Union for Conservation of Nature (IUCN), ketika tumbuh dewasa, sturgeon beluga berada di puncak rantai makanan. Dia memakan ikan seperti kecoak dan ikan mas, burung air dan bahkan anjing laut.

Ikan ini dapat hidup lebih dari 100 tahun, seperti sturgeon monster, yang memberi mereka banyak waktu untuk tumbuh. "Jika Anda hidup lama, Anda punya banyak waktu untuk makan," kata Phaedra Doukakis, analis kebijakan perikanan di National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), kepada Live Science.

Ikan sturgeon telah ada selama lebih dari 250 juta tahun dan bahkan hidup berdampingan dengan dinosaurus. Beluga adalah yang terbesar dari 27 spesies sturgeon yang hidup saat ini.

sturgeon belugasturgeon beluga Foto: dok Belugacaviar

Namun saat ini sturgeon beluga mungkin tidak bisa mencapai panjang hingga 7 meter. "Saya tidak berpikir ada beluga sebesar itu lagi," kata Leonardo Congiu, seorang profesor ekologi di Universitas Padova di Italia. "Spesies ini berada di bawah tekanan besar karena perburuan, dan mungkin semua hewan besar telah ditangkap."

Congiu dan koleganya sempat menerbitkan makalah pada Januari 2021 tentang distribusi dan keragaman genetik populasi sturgeon beluga di jurnal Diversity and Distributions . Tujuannya untuk memperkenalkan kembali ikan tersebut ke sungai-sungai Italia setelah punah secara lokal karena pembangunan bendungan di negara tersebut dan penangkapan ikan yang berlebihan.

Betina dewasa diburu karena telur ikannya yang dijual sebagai kaviar dan dihargai lebih USD 8.000 per kg, menurut IUCN. Karenanya Ikan sturgeon beluga saat ini terdaftar sebagai spesies yang terancam punah IUCN untuk kategori untuk spesies yang paling berisiko punah.



Simak Video "Alasan Xiaomi 12T Pro Nggak Masuk Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT