Bukan Halu, Penampakan Awan Tampilkan Tulisan "Go"

Bukan Halu, Penampakan Awan Tampilkan Tulisan "Go"

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 10 Mei 2022 09:45 WIB
satelit
Foto: NOAA
Jakarta -

Foto terbaru dari satelit GOES East menampilkan bentuk awan yang unik. Kedengarannya mungkin agak halu, tapi penampakan awan dari luar angkasa ini disebut-sebut membentuk kata "GO" yang dalam bahasa Inggris seolah menyuruh pergi.

Dikutip dari Space.com, pemandangan Bumi ini tertangkap oleh GOES East pada Jumat (6/5) yang dioperasikan oleh National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).

"Satelit NOAA tidak pernah beristirahat, terus-menerus mengawasi cuaca Bumi. Kami terkejut melihat pola menarik di awan stratocumulus laut di lepas pantai Chili hari ini, yang tampaknya membentuk huruf 'G'," tulis pejabat NOAA di Twitter sambil membagikan foto tersebut.

Karena saat penampakan itu tertangkap kebetulan bertepatan dengan hari Jumat, NOAA iseng menyisipkan huruf "T", "I" dan "F" pada foto tersebut sehingga terbaca "TGIF" yang merupakan singkatan dari "Thank God It's Friday.


Tapi tunggu, masih ada lagi.

"Jika kalian memperbesar citra yang ditangkap melalui satelit GOES East ini, awan itu tampaknya membentuk kata 'GO'," tulis NOAA dalam postingan berikutnya.



Gambar ini bukan satu-satunya bentuk unik yang ditemukan. Penampakan bentuk-bentuk tertentu di awan atau objek lain kerap dialami orang-orang dan sering disebut sebagai pareidolia, atau kondisi ketika otak manusia melihat pola yang sudah dikenal dalam bentuk acak.

Meski pesan "GO" ini hanya kebetulan random yang disebabkan oleh kondisi atmosfer saat itu, sejumlah netizen yang melihat postingan dari gambar satelit ini berhalusinasi menyenangkan dengan berpikir, Bumi mungkin sesekali sedang mencoba berkomunikasi dengan manusia.



Simak Video "China Sukses Luncurkan 3 Satelit Baru ke Orbit"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)