Foto Satelit Ungkap Persiapan Kapal Selam Rusia Dipersenjatai Rudal

Foto Satelit Ungkap Persiapan Kapal Selam Rusia Dipersenjatai Rudal

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 01 Mei 2022 18:05 WIB
Rusia Ukraina
Foto: Maxar Technologies
Jakarta -

Sebuah satelit dengan pengamatan yang tajam menangkap gambar rudal sedang dimuat ke kapal selam Rusia pada Jumat (29/4). Foto ini makin menambah kekhawatiran akan situasi perang antara Rusia dan Ukraina.

Sebuah foto baru yang diambil oleh pesawat luar angkasa Maxar Technologies WorldView-2 menunjukkan sesuatu yang tampak seperti rudal Kalibr berada di sebelah kapal selam kelas Kilo yang berlabuh di Sevastopol, pelabuhan penting Laut Hitam di Semenanjung Krimea.

"Citra mengungkapkan bagian haluan kapal selam Kilo dengan diperpanjang untuk memuat rudal, serta dua truk diposisikan di dekatnya yang digunakan untuk mengangkut rudal ke dermaga untuk memuatnya ke kapal selam," tulis perwakilan Maxar dalam sebuah pernyataan email, dikutip dari Space.com.

Rusia baru-baru ini menyerang Ukraina dengan rudal Kalibr yang diluncurkan dari kapal selam di Laut Hitam, perwakilan Maxar mencatat dalam pernyataan itu. Selain foto kapal selam, WorldView-2 juga menangkap pemandangan luas Sevastopol pada hari Jumat (29/4), serta citra kandang lumba-lumba di pintu masuk pelabuhan kota. Rusia kemungkinan menggunakan lumba-lumba terlatih untuk melindungi pelabuhan dari penyusupan oleh penyelam Ukraina, NBC News melaporkan pada Kamis (28/4).

Satelit yang dioperasikan oleh Maxar dan perusahaan swasta lainnya seperti Planet dan BlackSky telah membantu pejabat pemerintah, pekerja bantuan dan masyarakat luas memantau invasi Rusia yang sedang berlangsung ke Ukraina yang dimulai pada 24 Februari.

Rusia awalnya menyerang Ukraina secara luas, tetapi baru-baru ini lebih fokus pada bagian selatan dan timur negara itu, setelah dipukul mundur di wilayah lain. Sevastopol dan seluruh Semenanjung Krimea adalah wilayah Ukraina hingga Februari 2014, ketika Rusia menginvasi dan mencaplok wilayah tersebut.



Simak Video "Menengok Kondisi Ukraina dari Satelit Maxar Technologies"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)