Stasiun Luar Angkasa Geser Hindari Satelit Militer Rusia yang Meledak

ADVERTISEMENT

Stasiun Luar Angkasa Geser Hindari Satelit Militer Rusia yang Meledak

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 26 Apr 2022 20:12 WIB
Penamapakan ISS
Foto: NASA
Jakarta -

Sabtu pekan lalu, Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) melakukan manuver reboost untuk menghindari kemungkinan tabrakan dengan potongan-potongan satelit militer Rusia yang diledakkan.

Puing-puing itu muncul pada 15 November 2021, ketika Rusia menghancurkan satelit militer miliknya sendiri, Cosmos 1408. Satelit yang diluncurkan pada 1982 itu, dihancurkan oleh rudal darat.

Cosmos 1408 menciptakan cukup banyak sampah luar angkasa ketika dihancurkan, mengingat beratnya 2.200 kilogram. Pada akhirnya, puing ini memang akan melambat dan terbakar. Namun prosesnya bisa memakan waktu lebih dari satu dekade.

Satu kekhawatiran tentang puing-puing itu adalah bahwa sampah luar angkasa ini dapat menyebabkan Efek Kessler atau Sindrom Kessler. Sederhananya, Efek Kessler adalah di mana satu peristiwa (seperti ledakan satelit) di orbit rendah Bumi menciptakan reaksi berantai, karena puing-puing menghancurkan satelit lain di orbit.

Jika ini terjadi, puing-puing dapat terus bertabrakan dengan satelit lain atau puing-puing lainnya, yang berpotensi menyebabkan masalah komunikasi dan membuat area ruang angkasa tidak dapat diakses oleh pesawat ruang angkasa.

Hal terburuk dari keberadaan puing luar angkasa yang makin banyak adalah, mereka bisa menjebak kita di Bumi sehingga tidak bisa pergi ke mana-mana.

AS baru-baru ini mengumumkan tidak akan lagi melakukan uji coba rudal anti-satelit karena masalah puing-puing luar angkasa. Mereka mendesak negara lain untuk mengikutinya.

Untungnya, manuver reboost yang dilakukan pekan lalu tampaknya telah berhasil. Turis luar angkasa pertama ISS pun bisa memulai perjalanan pulang mereka kembali ke Bumi pada hari Minggu.



Simak Video "Uji Pra-Peluncuran Modul Laboratorium Stasiun Luar Angkasa China Selesai"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT